Kisah Sukses Agus Siswanto, Peternak Ayam Petelur Penghasilan 75 Juta

DOKTERUNGGAS.COM – Agus Siswanto, Peternak yang boleh dibilang berhasil meraih sukses dari beternak Ayam Petelur yang dipeliharanya. Saat ini omzet usahanya dapat mencapai Rp 75 juta dalam sebulan.

kandang ayam petelur murah

Kandang Ayam Petelur Milik Pak Agus

Usaha beternak ayam petelur sudah dijalaninya sejak 2013 lalu. Awalnya, ia hanya memelihara sebanyak 456 ekor ayam. Ia mengerjakan sendiri semua proses dari awal. “ketika saya memulai usaha beternak, saya terjun langsung mulai dari proses pembuatan kandang, pengadaan bibit, termasuk dalam proses pemeliharaan, memberikan pakan, membersihkan kandang dan lain-lain” paparnya.

Kesuksesan Agus tidak terlepas dari masalah yang pernah dihadapinya. Ia pernah tertipu dengan bibit ayam yang dipesan di sebuah perusahaan, bibit yang dipesan seharusnya ayam siap bertelur umur 18 minggu, tetapi ternyata yang diberi ayam yang berumur kurang dari 18 minggu dengan bobot badan yang rendah. Akibatnya usaha peternakannya merugi akibat biaya pakan yang harus dikeluarkan setiap harinya.

( Baca : Ini Dia Pullet Ayam Petelur Sehat, Sudah Riwayat Vaksin dan Sesuai Umur, KLIK DI SINI )

Dalam usahanya, ia mempunyai cara tersendiri untuk mengatasi masalah penyakit yang menyerang ternaknya. Selain dengan manajemen vaksinasi yang tepat dan sanitasi kandang, untuk menjaga agar ayamnya tetap sehat ia menerapkan sistem “Beternak Herbal”.

Dengan menggunakan bahan-bahan herbal seperti kencur, jahe, kunir, temulawak, temuireng dan temugireng. Untuk, pemberian bahan herbal tersebut dilakukan dengan mencampurkannya dalam air minum. Berkat pemberian jamu herbal, ayam miliknya lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

Agus tidak hanya menyimpan ilmunya untuk usahanya sendiri, tapi ia juga membagikan ilmunya dengan membina peternak lain, semakin hari semakin banyak peternak di Desa Bulumanis Kidul yang dibinanya. Pada tahun 2018 , ternak ayamnya mencapai 6000 ekor dan akan menambah jumlah ternaknya dalam waktu dekat. Dengan modal ketekunan, kejujuran dan kesabaran itulah Agus menjalankan usaha yang dirintisnya mulai dari nol sampai mengembangkannya menjadi sekarang.

kandang-ayam-petelur dokter unggas

Jika Agus Bisa, Pasti Peternak Semua Pasti Bisa.

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *