Cara Mudah Pembukuan Peternakan Ayam Untuk Meningkatkan Keuntungan Peternak

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Selama ini saya sudah beternak ayam cukup lama. Tapi kenapa hasil keuntungan yang saya dapat sepertinya tidak ada atau nol ? saya bingung mana pemasukan untuk sehari hari dan mana yang dari bisnis. Mohon Pencerahnnya ? ( Samsul-Pati, Jawa Tengah )

pembukuan keuangan bisnis peternakan

Pembukuan Keuangan Bisnis Peternakan Ayam

JAWAB :

Terima kasih Bapak Samsul atas pertanyaan yang luar biasa sekali. Saya rasa pertanyaan ini sama hal nya terjadi dan di alami oleh Sobat Ternak mitra DokterUnggas.com di Seluruh Indonesia.

Memang Pada skala usaha Peternakan yang kecil maupun besar, terkadang Peternak enggan melakukan pencatatan. Keengganan ini karena sebagian besar peternak tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang pencatatan dan laporan keuangan, dan juga ada yang beranggapan terlalu ribet, dibandingkan penghasilan yang diperoleh.

Dampak dari tidak dilakukannya proses pencatatan keuangan ini adalah sering sekali peternak mengambil keputusan yang salah. Penerimaan yang banyak pada saat musim panen dianggap sebagai UANG SAKU sehingga dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif, bukan investasi atau menambah Populasi Ayam atau Kandangnya.

Padahal seharusnya, penerimaan dari penjualan itu sebagian merupakan modal yang telah dikeluarkan sebelumnya, dan sebagaian lainnya baru berupa keuntungan. Wirausahawan yang baik akan menginvestasikan sebagian keuntungannya baik untuk menambah modal operasional usahanya maupun meningkat skala usaha.

Contoh konkritnya seperti ini, Misal dalam satu bulan dari hasil panen telur atau daging ayam ada Laba Bersih 10 juta, Peternak harus bisa membagi dalam 2 pembukuan atau memisahkan mana untuk kebutuhan hidup sehari hari dan mana untuk tabungan investasi pembukaan Kandang baru. Buatlah 2 rekening bank berbeda untuk memisahkan ini. Misalnya, 4 juta untuk kebutuhan hidup sehari-hari, 3 juta untuk dana cadangan dan 3 juta untuk dana ekspansi pembukaan kandang baru.

Intinya semua harus ada PENCATATAN PEMBUKUAN KEUANGAN PENERIMAAN & PENGELUARAN, Metoda pencatatan dan laporan keuangan disesuaikan dengan skala uahanya. Setidaknya yang perlu dilakukan adalah:

  1. Catat setiap pengeluaran pada saat investasi awal (Membangun Kandang dan Peralatan dan Tanah)
  2. Siapkan dana untuk operasional seperti pembelian bibit, pakan, dan sebagainya. jangan lupa mencatat semua pengeluaran yang dilakukan selama proses pemeliharaan.
  3. Mencatat semua penerimaan yang diperoleh, seperti dari penjualan anakan, ayam dewasa, atau penerimaan lainnya seperti pupuk kotoran kandang dan sebagainya.

Secara sederhana, Peternak dapat menggunakan dua buah buku untuk mencatat pengeluaran-pengeluaran dan juga penerimaan dari usahanya, seperti terlihat pada Tabel 1 dan Tabel 2.

  Tabel 1. Model Form Buku Pengeluaran

Tgl Prakiraan Ref Jumlah
01-01-2019 Membeli bibit DOC Ayam  10.000 ekor 65.000.000
Membeli Pakan  34 ton 255.000.000
 dan seterusnya

Tabel 2. Model Form Buku Penerimaan (Penjualan)

Tgl Prakiraan Ref Jumlah
01-02-2019 Penjualan Ayam  9500 ekor
 Dan Seterusnya

Hasil Pencatatan pengeluaran dan penerimaan dapat menjadi bahan evaluasi usaha di akhir periode. Akhir periode pelaporan yang lazim adalah akhir bulan dan akhir tahun. Sehingga memiliki laporan bulanan dan laporan tahunan.  Penerimaan dan pengeluaran dapat dibandingkan sehingga dapat menggambarkan biaya/pembelanjaan rutin dan bibit (yang melekat pada produk) dan penerimaan dari penjualan.

Sedangkan pengeluaran yang berupa investasi dapat dicatat secara terpisah. Perbandingan pengeluaran dan penerimaan itu akan dapat memberikan kesimpulan Apakah usaha kita menguntungkan atau tidak, kapan modal awal seperti investasi kandang, bibit akan kembali.

Dengan mengetahui keuntungan maka bisa meminimalkan terjadinya Kerugian di Bisnis Peternakan Ayam ini.

(Baca Juga : Peluang Bisnis Peternakan Unggas atau Poultry Shop Di Tahun ini sangat Menjanjikan, KLIK DI SINI)

Semoga Bermanfaat ya,

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *