Kesalahan Fatal Dalam Membuat Kandang Closed House

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Saya mempunyai kandang closed house. Tapi mengapa hasil masih kurang maksimal ? Apa ada kesalahan di closed house nya? Terima kasih

kandang closed house modern

Pembangunan Closed House

Jawab :

Kesalahan dalam membangun kandang closed house dapat berakibat fatal bagi peternak maupun bagi ayam. Kesalahan tersebut sepele tapi berakibat fatal.

Berikut ini beberapa hal yang terjadi :

Sirkulasi Udara yang tidak merata

Efek dari perbedaan kecepatan angin berpengaruh pada suhu efektif yang dirasakan ayam. Perlu diwaspadai adanya turbulance (aliran udara berputar). Aliran angin ini dapat mendongkrak litter sehingga amoniak dan debu naik ke atas.

Area Mati

Ditandai dengan aliran angin yang sangat minim, sehingga membuat litter basah, lembab, dan beramoniak tinggi.

Lubang

Sistem closed house udara yang masuk hanya melalui cooling pad, jika terdapat lubang yang bisa dimasuki udara, hal ini dapat mengakibatkan tidak optimalnya kandang closed house.

Kendala Lingkungan

Akibat tidak maksimalnya sistem kandang closed house, tentunya akan mengakibat bau pada lingkungan sehingga akan menjadi kendala bagi peternak.

Kesimpulan : Pengaruh tingginya kelembaban, suhu, dan kecepatan angin bagi ayam, Ayam akan mengalami heat stress dan berdampak kematian yang tinggi, konsumsi pakan yang tidak sesuai dengan bobot yang dihasilkan, ayam akan mengalami efek wind chill.

Hal diatas tentunya akan sangat merugikan peternak, dimana investasi besar yang tidak sesuai dengan hasil yang diharapkan.

Salam !

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *