Ternak Ayam Petelur Rumahan

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Saya ibu rumah tangga ingin membantu suami untuk ternak ayam petelur dengan modal kecil, jadi ingin ternak skala rumahan saja apa bisa? Apa langkah awal yang harus di perhatikan dok? Dan apakah bisnis ayam petelur skala rumahan ini prospek ke depan? Ibu Anis – Boyolali.

Jawab :

Salam Ibu Anis, Baik sebelum melangkah lebih jauh, akan kami berikan tahap demi tahap untuk bisnis ayam petelur. Sejauh ini bisnis ayam petelur masih sangat prospek di tandai dengan semakin banyaknya peternak yang beralih ke bisnis ayam petelur dengan serius.

Jika ibu memang ingin skala rumahan di bisnis ternak ayam petelur bisa saja, yang penting manajemen nya baik. Karena kesuksesan bisnis ini di pengaruhi 70 % oleh Manajemen kandang. Setelah ada pendapatan meningkat, saran saya jangan berfokus ke skala rumahan saja, harus di seriuskan ke skala industri dengan Minimal 1000 Ekor di lahan yang jauh dari pemukiman penduduk. Tapi untuk skala rumahan bisa di mulai dengan 100 ekor dulu.

Saya amati, komitmen dari peternak ini yang susah. Biasanya setelah sukses di Bisnis skala rumahan, Sobat peternak merasa nyaman dengan bisnis petelur skala rumahan, ini yang salah ! Harus ada komitmen setelah sukses skala rumahan maka harus pindah ke skala lebih besar yaitu skala industri.

ternak ayam petelur rumahan

Ternak ayam petelur

Modal yang Di Perhatikan Di Awal Bisnis Ternak Ayam Petelur Rumahan :

1. Lahan

Contohnya saat akan membuka usaha ini, kita harus memiliki sebuah lahan untuk membangun kandang. Anda bisa menggunakan halaman belakang atau samping rumah untuk dijadikan lahan.

2. Kandang

Kita anggap, anda memiliki sebuah lahan untuk mendirikan kandang ayam. Kemudian buat atau beli kandang ayam. Kandang ayam petelur, berbeda dengan kandang ayam pedaging. Kandang ayam petelur kami sarankan menggunakan Kandang Baterai Kawat Galvanis anti karat, jangan pakai kandang dari bambu.

Kandang Baterai Kawat Galvanis ini bisa meningkatkan produksi dan keuntungan ayam petelur karena bersih dan steril tidak membuat ayam heat stress. Contoh kandangnya seperti KLIK DI SINI

Kebersihan kandang harus terjaga untuk menjaga kesehatan ayam petelur.

3. Bibit Ayam Petelur

Bibit ayam menjadi modal utama kita. Ayam ini akan menghasilkan telur dalam jumlah yang bervariasi. Untuk itu, semakin banyak bibit ayam maka semakin besar pula keuntungan yang bisa diperoleh.

Untuk bibit kami sarankan untuk cari bibit yang baik dan umur 16 minggu agar cepat bertelur.

Ciri bibit atau pullet yang baik : Pullet jenis strain Lohman platinum, Riwayat vaksin jelas dan lengkap dan sertifikasi Dokter Hewan. Ibu harus menanyakan kepada pembibitnya apa bisa seperti itu.

4. Pakan ayam

Pakan menjadi kebutuhan yang tidak bisa dilewatkan. Pasalnya untuk perkembangan ayam petelur agar bisa terus menghasilkan telur maka perlu pakan yang tidak sembarangan. Untuk itu ada tiga pakan yang harus diperhatikan yaitu, bekatul, jagung dan konsentrat.

Konsentrat diperlukan meski tidak dalam jumlah besar. Fungsinya untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran ayam.

Jika bapak ibu ingin Konsultasi bisa hubungi Kami di DokterUnggas.com, Konsultasi GRATIS tanpa syarat !

Semoga bermanfaat dan kami tunggu kabar baiknya untuk Ibu dan Pembaca sekalian sobat ternak di Seluruh Indonesia. Selamat Berwirausaha !

iphone 035

Kantor Kami

OFFICE : CV.GAVIN CORPORATION
JL. Raya Menengai, Dusun Slatung, Desa Tlogoagung, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

A/n Drh.Alvin Paradiptya, M.Vet
WhatssApp : 0856 55 28 11 14
Handphone : 0856 55 28 11 14

Ibu Diana ( Staff Kami )
Handphone : 0857 3084 4843
WhatssApp : 0857 3084 4843
Pin BBM : 5D0EA3C2
Email : DokterUnggas@yahoo.com

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *