Cara Meningkatkan Harga Jual Telur Ayam & Daging Ayam Tanpa Di Pengaruhi Tengkulak

DOKTERUNGGAS.COM – Masih banyak peternak yang mengeluhkan Bagaimana caranya agar Harga telur dan Daging Ayamnya naik tinggi atau paling tidak sesuai harga pasar, bukan harga sesuai tengkulak atau makelar. Saya tidak menyalakan sebuah profesi, profesi apapun bagus selama saling menguntungkan antara tengkulak dan Peternak.

Selama ini yang di keluhkan peternak adalah harga telur dan daging mereka selalu di tekan oleh tengkulak, Seolah dengan ancaman tengkulak, “Kalau tidak mau harga dari saya ya sudah “. Akhirnya dengan berat hati peternak menyerah dengan melepas harga rendah sesuai harga tengkulak, karena peternak dilema di satu sisi akan menanggung biaya pakan dan operasional jika ayam nya tidak laku, begitu juga peternak akan rugi tidak ada pemasukan jika telurnya tidak kunjung laku. Nah dalam hal ini posisi tawar peternak sangat lemah sekali, sedangkan posisi tawar tengkulak yang sangat tinggi.

Saya pernah membaca, menurut Pakar Ahli Marketing Dunia ” Tenyata Produk kemasan yang Baik Dapat meningkatkan nilai tambah produk makanan olahan yang dikemas secara baik dan menarik. Artinya, melalui kemasan yang baik dan menarik akan meningkatkan minat konsumen terhadap produkĀ  tersebut dan Harga jualnya lebih tinggi”

Nah ternyata ini benang merahnya Sobat ternak semua. Bagaimana caranya agar harga telur meningkat, harga daging ayam meningkat. Solusinya adalah dengan Menciptakan Nilai Tambah Untuk Produk Turunannya.

Bagaimana Cara Meningkatkan Nilai Tambah ? Contoh, kita bisnis peternakan ayam petelur atau telur puyuh. Bagaimana caranya agar omset naik dan tidak pengaruh harga pasar? yaitu dg memberi nilai tambah, kita berikan kemasan yang bagus pada telurnya, satu kemasan telur bisa di isi 6 sampai 10 butir misalnya, bisa dg kemasan plastik, kita berikan merk sendiri, kita urus perizinan nya, kemasan jg wajib yg menarik dan eye catching, warna kemasan yg cerah, telur juga harus bersih, yg penting menarik minat konsumen.

Dan tentunya dg kemasan yang baik rapi bersih pula. Soal harganya bagaimana? Harga bisa kita tentukan sendiri tanpa terikat harga pasar, Kami jamin harga lebih tinggi. Sebagai contoh ini, harga telur per kg di pulau jawa sekarang 17.500 per kg, tapi kalau kita berikan kemasan yang bagus, menarik, bersih harganya bisa jadi 2 kali lipat. Apalagi kalau telur kita bisa tembus ke minimarket dan di kontrak untuk suplai telur ke mereka.

Kalau saja memberikan kemasan menarik itu masih berat di lakukan kawan2 peternak, Coba saja menggelar dagangan telurnya di Pinggir Jalan atau jika cukup modal Dengan Buka Toko Kecil2an. Sambil di Kasih Banner atau Spanduk ” JUAL TELUR JAMINAN MURAH “. Ini justru cara terbaik untuk meningkatkan posisi tawar kita agar menjadi tinggi atau meningkat tanpa di pengaruhi tengkulak.

kemasan telur supermarket jual

Telur di Kemas Dengan Rapi, Harga Bisa 2 Kali Lipat

Untuk peternakan ayam pedaging Bagaimana? Sama juga berikan nilai tambah. Dengan cara kita olah hasil daging ayam nya, kita bisa jadikan fried chicken atau ayam goreng siap saja, kita kasih kemasan yang baik, kita beri label halal, kita berikan merk juga, kita bikin bumbu sesuai rasa jadi konsumen tinggal goreng saja. atau bisa juga kita buatkan resto untuk ayam goreng cepat saji.

asyam kemasan

ayam di kemas dengan Bumbu, Harga 2 kali lipatnya

Anda Ingin Mencoba ? Tidak ada sesuatu yang tidak mungkin. Semua butuh proses dan perlu kerja keras. Jika orang lain bisa, anda tentu juga pasti bisa.

Semoga Bermanfaat !

( Baca Juga : Cara Meningkatkan Produksi Ayam Petelur , KLIK DI SINI )

Salam,

DokterUnggas.com

Situs Dunia Unggas No.1 Di Indonesia

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *