Kabar Gembira : UGM Berikan Kuliah Gratis Untuk Peternak

DOKTERUNGGAS.COM – Kabar gembira kami sampaikan untuk peternak sekalian, Kali ini di persembahkan oleh Universitas Gadjah Mada yang memberikan Kuliah Gratis untuk peternak.

Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Gadjah Mada (UGM) menawarkan program kuliah setengah hari secara gratis kepada para peternak di seluruh Indonesia. Tujuannya, untuk membekali peternak tentang teori dan praktik lapangan tentang langkah-langkah beternak hewan yang benar dan menguntungkan.

kuliah gratis

Hal itu diungkapkan Dekan Fakultas Peternakan UGM Prof Dr Ali Agus saat memberikan penyuluhan kepada ratusan kelompok ternak pada acara Forum Komunikasi Tiga Bulanan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, di UPT BP4 Wilayah 3, Seyegan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (8/8).

“Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat Indonesia, kami berikan kuliah setengah hari itu secara gratis. Berlaku untuk peternakan seluruh Indonesia,” ujar Prof Ali Agus.

Undangan kuliah setengah hari itu, kata Prof Ali, ditujukan untuk memberikan pelatihan peternakan yang dikemas secara implementatif kepada para peternak. Sehingga peternak memiliki pemahaman yang lebih luas dalam mengembangkan peternakannya.

Latihan Konkret

Ia menuturkan, Fapet UGM tidak hanya membekali para mahasiswa dan praktisi di bidang hewan dengan teori-teori penting terkait dunia peternakan. Namun juga melatih dan mempraktikkan teori tersebut kedalam wujud praktik di lapangan.

Sebagai wadah latihan dan praktik di lapangan, jelas Prof Ali, pihaknya menyiapkan bengkel ternak yang ditujukan sebagai tempat mengimplementasikan teori ke dalam bentuk praktik lapangan.

“Setiap tahun, Fapet UGM mengundang masyarakat untuk kuliah setengah hari tentang peternakan. Jika ada yang berminat, dari seluruh Indonesia, kami persilahkan untuk belajar di Fapet UGM,” paparnya.

Prof Ali menuturkan, bengkel ternak milik Fapet UGM ditujukan untuk ‘mereparasi’ berbagai hewan yang mengalami kesakitan, atau yang mengalami kekurangan gizi. Sehingga dalam waktu beberapa lama, hewan yang dirawat pada bengkel ternak akan mengalami peningkatan kualitas fisik, dari yang memiliki fisik buruk berubah menjadi semakin baik.

2 Kunci Utama
Lebih jauh, Prof Ali mengungkapkan ada 2 kunci utama dalam memelihara ternak untuk menghasilkan produk unggulan. Pertama, ketersediaan bibit ternak itu sendiri. Artinya, jelas dia, semakin bibit ternak berasal dari ternak yang baik dan unggul, maka akan menghasilkan keturunan yang unggul juga.

Kedua, ketersediaan pakan ternak yang bergizi dengan mengembangkan berbagai teknologi pakan menjadi lebih baik bagi hewan.

Selain itu, lanjut dia, pengembangan pakan ternak dilakukan tanpa menggunakan zat-zat antibiotika. Sehingga bisa dipastikan produksi ternak dari Fapet UGM bebas dari bahan-bahan kimiawi.

“Jadi yang penting adalah bibit dan pakan harus diperhatikan serius. Pengolahan pakan itu harus dipastikan bebas antibiotika sehingga hewan yang dihasilkan pun lebih menarik dan sehat,” tandas Prof Ali.

Sambut Antusias
Meresponi undangan kuliah setengah hari di Fapet UGM bagi peternak di Kabupaten Sleman, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sleman, Husin Siswanto Husin menyambut baik. Menurut dia, tujuan pembelajaran itu untuk meningkatkan kerjasama dengan UGM, selain juga untuk menterjemahkan hasil-hasil penelitian yang ada secara konkret kepada peternak.

“Supaya ada feedback yang terbaik bagi kelompok-kelompok peternak. Intinya, dengan kuliah setengah hari itu tujuannya agar bersama-sama membangun rakyat,” kata Husin.

Ia mengatakan, saat ini jumlah kelompok ternak di wilayah Kecamatan Seyegan, Sleman, mencapai sekitar 100 kelompok. Sementara itu, Kecamatan Mlati sebanyak 50 kelompok, dan Kecamatan Tempel 90 kelompok.

“Harapan saya, ajakan kuliah setengah hari secara gratis di Fapet UGM itu, dapat menjadi pilot project bagi Fapet lain di seluruh Indonesia. Supaya ada praktik di lapangan yang berguna bagi para peternak secara langsung. Sekaligus menjadi ajang untuk mengimplementasikan teori-teori di dunia peternakan yang bisa diterapkan langsung di lapangan.

Ingin ikut kuliah setengah hari Gratis di UGM ? Silahkan hubungi Panitia di Fakultas Peternakan UGM.

(Baca Juga : Ikuti Pelatihan Peternakan Ayam di DokterUnggas, GRATIS PENGINAPAN, KLIK DI SINI )

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

Situs Dunia Peternakan Unggas No.1 Di Indonesia

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *