Banyak Peternak Belum Tahu, Telur Ayam Coklat Atau Putih Yang Bagus ?

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Tolong Di jelaskan lebih jauh tentang telur ayam ras coklat atau putih yang bagus ? Dan spesifikasi info lengkapnya ? Terima kasih dokter.

Jawab :

Ada dua jenis telur ayam ras berdasarkan warna kerabangnya yaitu cokelat dan putih. Apa yang membedakannya? Mana yang lebih sehat, telur ayam cokelat atau putih?

telur ayam ras

Telur ayam adalah salah satu bahan makanan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Bukan hanya rasanya enak, telur ayam mudah diolah jadi ragam hidangan. Kandungan protein, vitamin dan mineralnya juga baik untuk kesehatan tubuh.

Di pasaran ada telur ayam berwarna cokelat dan putih sebagai pilihan. Sebagian orang mengatakan telur ayam cokelat rasanya lebih enak dibanding telur ayam putih. Begitu juga dengan nutrisinya yang lebih tinggi. Benarkah? Mashed (20/6) merangkum infonya seperti berikut :

1. Yang Menyebabkan Warna kerabang Telur Berbeda

Selama ini banyak orang beranggapan telur ayam cokelat dan putih berasal dari jenis ayam yang berbeda. Faktanya, warna ini berasal dari genetik ayam betina yang memang berbeda. Warna telur ini sebenarnya juga bisa diprediksi dari warna daun telinga ayam. Ayam betina yang daun telinganya berwarna putih, kemungkinan menghasilkan telur warna putih. Sebaliknya jika daun telinganya berwarna merah, biasanya telur ayam yang dihasilkan berwarna cokelat. Seperti warna kulit pada manusia, ada yang tidak berpigmen berkulit putih. Ada yang berpigmen sangat banyak, berkulit hitam. Dan, ada yang berpigmne sedang, berwarna kulit coklat atau sawo matang.

Selain telur ayam warna cokelat dan putih, sebenarnya ada varian telur ayam unik. Warnanya biru yang berasal dari ayam Ameraucana dan warna hijau dari ayam Olive Egger.

2. Yang Kulitnya Lebih Mudah Dipecahkan

Kedua warna kerabang telur berbeda ternyata tak membedakan tingkat kesulitan pemecahan kulitnya. Baik telur ayam cokelat maupun putih memiliki ketebalan yang sama sehingga tak ada yang lebih mudah dipecahkan diantara keduanya. Hanya saja jika ayam betina usianya lebih tua, biasanya kulit telurnya lebih tipis dan rapuh. Namun jika usia ayam betina lebih muda, kulit telurnya lebih tebal.

3. Perbedaan Rasanya

Banyak orang berpikir telur ayam cokelat rasanya lebih enak dibanding telur ayam putih tapi menurut hasil uji coba rasa Consumer Reports, keduanya tak jauh berbeda. Rasa telur ayam justru paling besar dipengaruhi oleh pakannya selama hidup.

4. Perbedaan Nutrisinya

Dilihat dari nutrisinya, baik telur ayam cokelat maupun putih hampir sama. Tro Bui dari Cornell University memaparkan kalaulah ada perbedaan, telur ayam warna cokelat mengandung Omega 3 lebih tinggi tapi perbedaannya kecil. Pada intinya bukan warna telur yang mempengaruhi nutrisi ayam melainkan pakan ayam selama hidup yang lebih mempengaruhinya.

5. Pilihan Lebih Sehat

Jika ingin mengonsumsi telur ayam ras yang lebih sehat, pilihlah telur organik, bila ada. Telur ini berasal dari ayam yang diberi pakan sehat tanpa bahan kimia apa pun, termasuk tanpa antibiotika. Biasanya ada label khusus yang menandakan produk ini. Jadi intinya telur ayam cokelat dan putih  sama saja, tergantung dari kandungan pakan yang di makan ayam petelur tersebut.

Semoga membantu ya !

Salam,

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *