Tips Periode Brooding Pemanas Ayam Di Kandang Yang Benar

DOKTERUNGGAS.COM – Kami akan jelaskan periode brooding atau pemanas ayam di kandang yang benar, karena sekarang ini banyak sekali peternak yang mengabaikannya.

Bila anak ayam yang dipelahara tanpa induk alamiahnya, maka peternak lah sebagai pemelihara yang wajib memberikan indukan pengganti (brooder). Temperatur indukan buatan ini harus dibuat atau dikondisikan seperti indukan alamiah, yaitu awalnya bertemperatur 6 – 4° C di bawah tempetatur tubuh anak ayam dan harus stabil.

Temperatur di dalam indukan buatan, tidak boleh berfluktuasi secara ekstrem, lebih dari 8° C di bawah tempertatur normalnya, berakibat kedinginan. Sebaliknya temperatur indukan buatan juga tidak boleh terlalu tinggi, maksimum 4° C mendekati temperatur normalnya yang berakibat kepanasan (batas normal temperatur indukan buatan 32 – 34° C pada umur 1 – 3 hari). Kemudian temperatur indukan buatan diturunkan secara bertahap seiring pertambahan umur anak ayam.

pemanas-house-broiler

Pemanas Ideal Di Kandang Closed House

Bantuan penghangat dicukupkan atau dihentikan bila bulu sayap sudah tumbuh menutup seluruh tubuhnya. Jadi patokan penghentian bantuan penghangatan yang tepat bukan berdasarkan umur. Dan, peternak tidak usah galau bahwa ayamnya akan kedinginan. Jangan lupa, kakek-nenek moyang ayam ras berasal dari daerah sub tropis, bertemperatur lingkungan dingin. Justru ayam lebih nyaman hidup di daerah bertemperatur sejuk, 18 – 24° C, kelembaban relatif 50 – 70% dan artinya heat index (HI) pada satuan 150 – 155, kondisi optimal. Maka, dibuat lah kandang model tertutup (closed house) dengan tujuan untuk mengendalikan pengaruh faktor iklim lingkungan yang berfluktuasi secara ekstrem menjadi relatif stabil sesuai kebutuhan hidup anak ayam.

Bila, sekali lagi bila anak ayam diberi perlakuan indukan yang sesuai dengan kebutuhan hidup dan pertumbuhannya, niscaya anak ayam akan bertumbuh dengan sehat dan cepat.

Target pertumbuhan anak ayam pada pemeliharaan seminggu pertama (7 hari pertama) dibanding bobot awal (DOC) :
1. Ayam petelur ………………… 2,0 kali;
2. Ayam pedaging …………….. 5,0 kali;
3. Ayam pejantan ……………… 2,0 kali;
4. Ayam kampung asli ………. 1,5 kali;
5. Ayam kampung silangan … 2,0 kali.

Bila target pertumbuhan tersebut tercapai dan dengan keseragaman minimum 80%, maka bisa disebut sukses. Maka, pemeliharaan selanjutnya sudah jauh lebih mudah.

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *