Apa Boleh Kandang Ayam Broiler Dekat Dengan Kandang Ayam Petelur ?

DOKTERUNGGAS.COM – Assalamu’alaykum Wr. Wb Dokter, Setelah membaca Panduan Lengkap Ayam Broiler, mohon maaf saya mau menanyakan, apa boleh kandang ayam pedaging dekat dengan kandang ayam petelur? Terimakasih.

Jawab :

Wa’alaikumsalam Wr.Wb. Selamat Pagi Bapak. Baik akan kami jawab.

Berkenaan dengan jarak satu peternakan dengan peternakan lain, Environmental Code of Practice for Poultry Farm in Western Australia (2004) mempersyaratkan jarak antar peternakan hendaknya minimal 100 meter (diukur dari bagian lokasi kandang terluar).

Namun, jika berbeda jenis (misal kandang broiler dan kandang ayam petelur) direkomendasikan jarak antar peternakan minimal 1 km (1.000 meter) apalagi di Indonesia di mana kandang kebanyakan menggunakan sistem open house (kandang terbuka). Hal ini terkait dengan aspek bioscurity.

kandang ayam closed house

Pembangunan Kandang Baru Hendaknya Di Lihat Aspek Biosecurity

Tujuanya adalah adalah untuk mencegah wabah penyakit dan penularan penyakit dari satu lokasi peternakan ke peternakan yang lain.

Disamping jarak lokasi peternakan, dalam memilih lokasi kandang hendaknya mempertimbangkan:

  1. Kondisi suhu dan kelembaban lingkungan apakah sesuai untuk karakter ayam yang mudah mengalami heat stress (stres panas).
  2. Topografi dan tekstur tanah serta sumber air.
  3. Luas lahan yang disesuaikan dengan target pengembangan peternakan.
  4. Akses transportasi dan instalasi listrik.
  5. Jarak peternakan dengan pemukiman warga, baik saat ini maupun perkembangan wilayah tersebut di masa mendatang.
  6. Perizinan: Usahakan ada bukti resmi tentang pembangunan peternakan untuk menghindari penggusuran atau penutupan peternakan. Perizinan ini meliputi surat persetujuan dari masyarakat sekitar, rekomendasi dari desa, izin pemerintah kota atau kabupaten, izin mendirikan bangunan dan AMDAL, surat izin usaha dan surat izin gangguan (Hinder Ordo-nantie/HO). Informasi persyaratan perizinan peternakan bisa diperoleh di kantor/dinas perijinan Kabupaten/Kota setempat untuk prosedur.

Semoga Bermanfaat !

Salam Sukses,

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *