Standar Bobot Badan Ayam Broiler

DOKTERUNGGAS.COM – Malam Dokter, Jika tidak menggangu saya mau konsultasi. Ini ayam saya umur 18 hari habis pakan 86 sak, berapa seharusnya standar normal bobot ayam saya dok? dan berapa FCR seharusnya?      Bapak Anwarul – Balung, Jember, Jawa Timur.

Jawab : Terima Kasih Bapak.  Peternak ayam broiler wajib untuk memantau kesesuaian antara: umur, feed intake dan bobot secara berkala untuk  menentukan hasil akhir saat panen. Setiap peternak ayam broiler tentunya sangat mengidamkan hasil panen yang baik. Parameter keberhasilan usaha ternak ayam broiler adalah: FCR rendah (jumlah pakan yang dihabiskan sesuai dengan jumlah daging yang dihasilkan), kematian rendah (maksimal 5%) dan kerataan bobot ayam broiler baik. Itu semua akan menjadi faktor penentu nilai Index Prestasi (IP) peternak ayam broiler. Semakin tinggi nilai IP-nya, semakin tinggi tingkat keuntungan yang diperoleh peternak.

Mengamati kenaikan bobot badan ayam broiler penting sekali untuk dilakukan sesuai dengan jenis (strain) DOC yang dibudidayakan.

Berikut ini tabel acuan target penambahan bobot ayam broiler :

standar bobot badan ayam

Semoga Bermanfaat Ya Bapak

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *