Cara Meminimalkan Penyakit Ayam Di Kandang Anda

DOKTERUNGGAS.COM – Dalam ilmu medis kedokteran, Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

Oleh karena itu, izinkan kami DokterUnggas.com untuk sharing tips meminimalkan penyakit ayam kepada peternak sekalian.

images

Penyakit Apakah Ini ?

Penyakit-penyakit ayam memang menjadi momok bagi peternak sehingga membuat usaha yang dijalankan merugi. Namun, kendala tersebut dapat diatasi jika peternak waspada. Cara yang paling efektif hanya satu, yaitu memonitor kesehatan ayam setiap hari. Melalui langkah monitorisasi, infeksi penyakit dapat diketahui sedini mungkin.

Selain itu, penanganan selanjutnya akan lebih ringan karena serangan belum sempat mewabah. Dari bagian meminimalkan penularan penyakit, setidaknya peternak menguasai empat hal yang harus dijalankan, yaitu sebagai berikut.

  1. Sanitasi

Sanitasi adalah menciptakan lingkungan agar selalu bersih. Jadi, usahakan agar kondisi lingkungan kandang selalu bersih. Kondisi litter juga harus dibuat kering. Jika litter basah karena terkena air hujan dan lembap, litter harus segera diganti.

  1. Air minum

Peternak harus menjaga kualitas air minum. Untuk itu, peternak bisa menambahkan probiotik pada air minum. Hal itu untuk menjaga kondisi badan ayam agar selalu prima. Contoh Probiotik yang bagus adalah GAVIN E

  1. Vitamin

Untuk mencegah stres, peternak bisa mencampurkan premix di dalam pakan.

  1. Biosecurity

Kebersihan kandang menjadi syarat mutlak agar ayam sehat dan selalu tampil dan berproduksi prima. Sebagai sarana pencegahan, hal yang paling ampuh adalah menerapkan biosecurity. Hal itu dapat diterapkan dengan cara menyemprotkan desinfektan pada kandang dan lingkungan sekitarnya secara berkala.

  5. Vaksinansi

Ayam yang dipelihara harus selalu sehat. Hal itu dapat dilakukan melalui vaksinasi secara teratur. Tentu saja hal itu akan membuat ternak kebal terhadap penyakit yang berbahaya dan mematikan.

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

 

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *