Cara Memulai Bisnis Ayam Bagaimana?

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Saya ingin bisnis ayam. Tapi saya bingung mau ternak ayam kampung atau ayam potong ( ayam ras)? Mohon info masing2 keunggulan nya dokter. Terima Kasih

Jawab : Berikut beberapa tips untuk memulai usaha peternakan ayam.

tips-bisnis-ayam

Pemilihan jenis ayam

Anda ingin beternak ayam kampung atau ayam ras? Jika ingin memperoleh hasil yang cepat maka ayam ras adalah pilihan utama. Ayam ras memang perkembangbiakan serta pertumbuhannya begitu cepat. Akan tetapi ayam kampung juga tidak kalah menguntungkan. Di bawah ini ada perbandingan sederhana antara ayam kampung dengan ayam ras dilihat dari segi keuntungan dan kerugiannya.

Keunggulan ayam kampung:

  1. Mudah diternakkan.
  2. Harga jual daging dan telur mahal.
  3. Biaya produksi tidak tinggi.
  4. Daging sehat.

Kelemahan ayam kampung:

  1. Sangat lama dalam proses pemeliharan.
  2. Banyak orang yang tidak menyukai ayam kamung karena gadingnya keras.

Keunggulan ayam ras:

  1. Daging lunak.
  2. Sebagian besar orang menyukainya.
  3. Harga jual daging dan telur normal.
  4. Cepat tumbuh dan berkembang biak.
  5. Pemasaran begitu mudah.

Kekurangan ayam Ras :

  1. Manajemen lebih sulit di Banding Ayam Kampung
  2. Rentan terhadap penyakit ( Tapi tim dokterunggas.com Bisa bantu untuk mengatasinya )

Anda membutuhkan kandang yang kapasitasnya sesuai dengan jumlah ayam. Anda akan membuat sebuah peternakan, jadi semuanya harus terorganisir dengan baik. amat disarankan untuk selalu meletakkan ayam di dalam kandang agar semuanya dapat dimanajemen dengan baik. sediakan beberapa kandang besar yang secara langsung digunakan untuk menampung ayam dalam jumlah banyak. usahakan untuk membuat kandang panggung agar kotoran ayam bisa ditampung.

Setelah penyediaan kandang selesai, langkah yang kedua adalah menyediakan perlengkapan berupa makanan, tempat minum ayam, serta obat-obatan yang disedikan untuk ayam yang sakit.

Saran kami, anda ingin bisnis ayam ini untuk skala rumah tangga atau industri? kalau untuk rumah tangga bisa ayam kampung tapi jika untuk industri lebih baik ayam broiler atau ayam pedaging.

 

Semoga Bermanfaat !

Dokterunggas.com

 

 

 

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *