Cara Mengobati Cacingan Pada Ayam Dengan Herbal Alami

DOKTERUNGGAS.COM – Penyakit cacingan pada ayam sering menyerang peternakan kita. Jika anda sering melihat ayam anda lesuh dan nafsu makan berkurang dan diserta badannya pucat, berarti itu menandakan bahwa ayam anda tersebut sedang mengalami cacingan. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi hal tersebut seperti menggunakan bahan-bahan herbal untuk ayam. Tetapi ada cara yang cukup praktis dan mudah, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami dan seadanya saja.

ayam-cacingan-obatnya

1. Gunakan Tembakau

Usahakan tembakau asli, bukan tembakau rokok yang sudah dikemas. Cobalah memberikan tembakau 3 suap dalam satu kali pengobatan (setiap suap seukuran jempol tangan), efeknya ayam cacingan menjadi pusing dan geleng-geleng kepala, mata agak berair dan terlihat seperti kebingungan. Tapi obat ini manjur, plus nafsu makan ayam anda pasti bertambah. Dampak obat ini sekitar 1 hari penuh ayam agak terlihat aneh, tapi keesokan harinya ayam sudah tidak geleng-geleng lagi, Nampak tambah segar, sudah normal plus nafsu makan yang makin bertambah.

2.Gunakan Buah Pinang

Tembolok ayam terlebih dahulu dikosongkan dengan cara tidak memberi makan. Setelah itu ambillah satu buah pinang yang masih muda dan dalam keadaan segar. Kupas kulitnya, setelah itu iris kecil-kecil agar mudah dilolohkan ke ayam, celupkan buah pinang yang sudah diiris kecil-kecil ke dalam air atau bisa juga dicelupkan ke dalam minyak kelapa, agar buah pinang ini mudah ditelan oleh ayam. Setelah buah pinang tertelan semua, kasih air sebanyaknya dengan cara memasukkannya ke dalam kerongkongan ayam dengan spon yang sudah dikasih air. Pijat-pijat sedikit tembolok ayam anda agar buah pinang dapat bereaksi dengan cepat, lalu masukkanlah ayam anda ke dalam kandang. Dan lihat apa yang terjadi, tentunya cacing-cacing yang merada dalam perut ayam keluar dan yang perlu anda waspadai ialah jangan sampai cacing-cacing yang sudah keluar itu dimakan kembali oleh ayam anda.

( Baca Juga : Cara Mencegah Penyakit Cacingan Pada Ayam, KLIK DISINI )

3.Daun Pepaya Muda

Daun pepaya muda juga diketahui sangat berguna untuk mengobati cacingan pada ayam anda. Tentunya penggunaan daun pepaya muda ini anda lakukan jika cara-cara tersebut di atas terasa sulit untuk anda lakukan. Dan masih banyak lagi cara-cara sederhana yang bisa mengobati cacingan pada ayam anda, seperti menggunakan bahan bawang putih, daun petai cina, dan sebagainya.

Salam Sukses!

DokterUnggas.com

 

 

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *