Mengenal Ayam Ras Petelur Lebih Dekat

DOKTERUNGGAS.COM – Bagi peternak yang bisnis ayam petelur, alangkah indahnya kita mengenal lebih dekat tentang ayam yang khas ini.

pullet-ayam-petelur

Ayam ras tipe petelur adalah ayam ras final stock yang dihasilkan dari ayam ras bibit parent stock. Ayam ras final stock tipe petelur dibudidayakan untuk menghasilkan telur dalam jumlah yang banyak. Di Indonesia telur yang dihasilkan biasa disebut telur ayam dalam negeri atau telur ayam komersial.

Untuk saat ini strain ayam petelur yang banyak dipelihara adalah Isa Brown, Hysex Brown, dan Hyline Lohman. Biasanya setiap ekor ayam ras petelur dapat bertelur sebanyak 300—310 butir dalam satu tahun. Untuk jenis di Indonesia yang paling bagus adalah Ras Lohman Platinum. Adapun Jenis lohman platinum yang bagus adalah KLIK DI SINI

Di Indonesia, kebanyakan ayam ras tipe petelur pada fase starter dan grower dipelihara pada kandang sistem lantai litter dan dipindahkan ke kandang cage/ baterai pada fase pemeliharaan layer.

Pada dasarnya lokasi perusahaan peternakan ayam petelur tidak boleh berjarak kurang dari 1 km dari perusahaan peternakan ayam bibit dan 250 m dari perusahaan peternakan ayam petelur atau ayam pedaging lainnya. Pada pemeliharaan ayam ras petelur dibagi menjadi tiga fase seperti pada pemeliharaan ayam bibit yaitu fase starter, fase grower/developer, dan fase layer. Namun, pada ayam ras petelur final stock tidak diperlukan ayam jantan untuk menghasilkan telur.

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

 

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *