Manfaat Data Recording Untuk Peternak Ayam

DOKTERUNGGAS.COM – Mungkin ada yang bertanya untuk apa sebenarnya data recording itu? seberapa pentingkah? Kami akan bahas di sini.

Belajar dari pengalaman para peternak yang sudah menerapkan recording secara serius, data yang berasal dari recording ini ternyata memiliki banyak manfaat. Sebelumnya tak jarang peternak yang menganggap bahwa recording hanya cara untuk mengontrol kinerja plasma dan anak kandang, sehingga tujuannya adalah sekadar menghitung untung dan rugi.

Pemahaman seperti itu tidaklah salah 100%, tapi sebenarnya data recording harus dipahami dalam arti yang lebih luas. Adapun manfaat yang bisa diperoleh dari data recording yang lengkap antara lain:

  • Menjadikan penerapan biosekuriti lebih terkontrol:

    Contohnya, rencana kegiatan pemeriksaan kandang atau flok yang diduga terserang penyakit didahului dengan melihat data dari masing-masing flok yang akan didatangi. Telusuri mulai dari kandang yang ayamnya sehat, baru ke kandang yang ayamnya diduga sakit. Tanpa melihat data recording, pemeriksaan yang dilakukan akan asal-asalan. Bila terjadi sebaliknya, petugas lapangan masuk ke kandang sehat setelah sebelumnya kontak dengan ayam sakit. Alhasil bisa berakibat fatal terhadap penularan penyakit.

tabel_3
  • Menentukan kenyamanan ayam selama proses pemeliharaan:

    Contohnya, dengan mencatat parameter suhu kandang. Jika di waktu-waktu tertentu suhu dalam kandang terdeteksi sangat tinggi, maka peternak bisa membuka tirai kandang lebih lebar dan mulai menyalakan kipas angin (fan) suhu cepat turun. Dengan kondisi suhu yang nyaman tersebut, maka performa produksi ayam pun bisa optimal.

  • Sebagai alat bantu dalam mendiagnosa dan menangani kasus penyakit:

    Data recording berfungsi sebagai anamnesa. Anamnesa (sejarah) dibutuhkan untuk melakukan diagnosa terhadap suatu penyakit. Misalnya data bibit yang digunakan, obat apa saja yang digunakan, seperti apa program penggunaan obat, pola pemberian ransum dan jumlah yang dikonsumsi, sumber air minum, bagaimana pemeriksaan uji titer atau antibodinya, pola kematian, produktivitas ayam, keseragaman, dan lain sebagainya. Melihat data anamnesa ini merupakan tahap pertama dalam mendiagnosa, sebelum dilakukannya tindakan bedah ayam. Sebaiknya data recording ayam yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit ini tidak hanya data dari satu atau dua siklus pemeliharaan sebelumnya.

  • Membantu memetakan penyakit endemik yang pasti muncul di kandang atau di suatu kawasan peternakan:

    Dengan adanya data recording serangan penyakit dari bulan ke bulan pada beberapa tahun ke belakang, peternak bisa terus waspada. Pada akhirnya peternak bisa lebih akurat memprediksikan jenis obat-obatan dan vaksin apa saja yang harus disediakan beserta jumlahnya. Selain itu, pola serangan penyakit baik virus maupun bakteri yang terjadi dalam satu flok pun dapat dipetakan. Berbekal recording, riwayat penyakit yang menjangkiti flok tak lagi cukup dengan diingat-ingat dan lebih akurat. Peternak juga bisa mengevaluasi dan menyempurnakan program pencegahan di periode mendatang.

  • Membantu mengambil keputusan dalam penanganan penyakit

    Terkadang beberapa peternak di lapangan kesulitan menerapkan pengobatan, padahal sudah pernah mengalami kasus penyakit serupa pada siklus sebelumnya. Hal ini tentu tidak akan terjadi apabila pencatatan di kandang tersebut berjalan dengan baik. Karena runtutan penggunaan obat yang digunakan bisa dibaca dengan jelas.

Semoga Bermanfaat ya !

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *