Pentingnya Probiotik Pada Ayam

DOKTERUNGGAS.COM – Kita tahu bahwa Antibiotic Growth Promotor (AGP) yang banyak digunakan untuk memacu produksi mulai dilarang penggunaannya di negara Maju Eropa karena kemungkinan mempunyai dampak negatif terhadap konsumen. Adanya dampak negatif penggunaan AGP membuat para peneliti kemudian menganjurkan untuk melarang penggunaan AGP.

Upaya mencari penggantinya difokuskan pada bahan-bahan alami, seperti mikroba maupun hasil metabolitnya berupa asam-asam organik (Kompiang, 2009). Maka dari itu perlu adanya solusi untuk mengganti antibiotik sebagai growth promoter. Tingginya kewaspadaan konsumen terhadap residu antibiotik makanan yang berasal daging unggas (daging broiler) menjadi salah satu pendorong untuk memproduksi daging ayam yang “BASUH” (Bersih, Aman, Sehat, Utuh, dan Halal) sebagai proteksi residu antibiotik.

Memproteksi dari bahaya antibiotik melalui substitusi antibiotik yaitu dengan probiotik. Probiotik adalah salah satu jenis imbuhan pakan yang diberikan pada ternak berupa bakteri yang menguntungkan bagi inangnya. Probiotik didalam usus akan memacu pertumbuhan bakteri yang menguntungkan dan mencegah pertumbuhan bakteri patogen. Kondisi lain yang dicapai adalah meningkatkan  sistem imun ayam karena tahan terhadap bakteri patogen serta meningkatkan pertumbuhan ayam pedaging.

Probiotik yang kami rekomendasikan untuk peternak adalah GAVIN E untuk meningkatkan bobot ayam, menurunkan FCR dan mengurangi kematian atau mortalitas di bawah 5 %.

Semua sudah mengalami penelitian yang panjang.

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *