Cara Mengatur Keuangan Dari Hasil Bisnis Peternakan Ayam

DOKTERUNGGAS.COM – Mungkin kita tidak punya kuasa untuk merekayasa pemasukan kita, namun kita punya kuasa penuh untuk mengontrol semua pengeluaran kita.. Atau jangan jangan kita pun tidak punya kuasa untuk mengelola pengeluaran kita??

Salah satu yang menyebabkan terjadinya krisis keuangan pada diri kita adalah karena kurangnya ilmu mengelola keuangan yg baik.. Salah satunya mungkin penentuan prioritas pengeluaran..

Nah kali ini akan kami share bagaimana mengelolah keuangan yang baik dari hasil peternakan ayam agar kita tidak terkena krisis keuangan yang akan menyebabkan gagalnya rumah tangga maupun gagalnya bisnis peternakan ayam kita.

13920764_10154431418263584_160955471665369230_n

Tanda2 bermasalahnya keuangan kita adalah: kita mulai merasa uang yang yg ada tidak cukup (atau bahkan tidak pernah cukup), merasa perlu hutang utk menutupi setiap kebutuhan kita (bahkan kebutuhan rutin bulanan) akhirnya hutang selalu bertambah tiap bulan dan menumpuk sampai2 kita kebingungan gmn cara utk bayarnya.. akhirnya kebahagian dasar kita: ketenangan, keamanan dan keharmonisan rumah tangga menjadi terganggu karena TEROR HUTANG. Banyak perceraian Rumah Tangga itu disebabkan oleh faktor ekonomi, merasa kurangnya penghasilan, banyaknya pengeluaran dan banyaknya hutang. Banyak juga gagalnya bisnis peternakan ayam itu karena tidak bisa mengelolah keuangan dari hasil bisnis peternakannya. Naudzubillahi mindzalik.. Semoga kita terhindar dari ujian seperti ini..

Agar tidak kejadian, harusnya semua dari kita WAJIB mempelajari ilmu pengelolaan keuangan sederhana.

Beberapa poin menariknya:

1. Penghasilan dari Bisnis Peternakan ayam harus DIHABISKAN, jangan disisakan, dihabiskan ke pos2 yg kita tentukan sendiri..
2. Beberapa pos2 utk menghabiskan uang Diantaranya: Kewajiban Sosial (ZIS), kewajiban Pihak Lain (utang & cicilan), hak Diri Kita masa Depan (tabungan & investasi), hak diri kita sekarang (biaya hidup & belanja)
3. PRIORITASnya jangan kebalik balik..
4. PRIORITAS Pertama Kewajiban Sosial kita sebagai makhluk diantaranya Zakat, Infaq, shadaqah, membantu orang lain, membahagiakan orang tua dll. Baiknya semua di budgetkan.. Besaran mah bebas.. Minimal 2.5% dari hasil peternakan ayam kita
5. PRIORITAS kedua kewajiban kita kepada orang/pihak lain. Diantaranya Cicilan Hutang ke teman atau saudara, hutang KPR, hutang kartu kredit, dan hutang hutang lainnya. Klo mau hutang kita harus ngukur kemampuan bayar kita, kita hutang bakal bisa bayar apa engga, soalnya hutang masalah yg sgt serius bgt. Baiknya maksimal cicilan Hutang kita 30% dari gaji/pendapatan kita. Yang udah punya dirapihkan dan dibuat rencana cicilan hutangnya, yang belum punya hutang mungkin bisa diatur agar cicilan hutang kita ga lebih dari 35% gaji/pendapatan kita..
6. PRIORITAS ketiga Hak kita di masa depan. Diantara tabungan jangka pendek atau investasi. Punya tabungan adalah salah satu hal yg penting, untuk antisipasi atau jaga2 ada kebutuhan mendesak dg jumlah besar di masa yg akan datang baik yg terencana atau tidak.. Misal musibah kecelakaan, atau motor rusak Dll.
7. PRIORITAS keempat hak kita di masa sekarang. Pos anggaran ini menjadi prioritas yg plg bawah krn kita punya kuasa penuh utk mengaturnya. Untuk biaya hidup dibagi menjadi DUA. Yg fixed dan Fleksibel. Fixed harus diprioritasin dibanding fleksibel. Fixed contohnya: uang sekolah anak, uang listrik, uang air, dll. Yg fleksibel tuh uang makan, belanja baju, belanja lain2, dll.
8. Klo udah nentuin semua prioritas, dibukukan ajah secara tertulis menjadi RULES of BUDGETTING PLAN. Setiap uang masuk buka kembali rules2 ini utk menentukan budget kita 1 bulan ini.
9. DISIPLIN dan ISTIQOMAH. Harus dievaluasi terus inih, kita sudah sesuai dg peraturan yg kita buat sendiri atau belum.

Mari berjuang kawan kawan, untuk membesarkan perusahaan kita masing masing, dimulai dengan merapihkan pengelolaan keuangannya dan disiplin menjalankannya. Bismillah.. Semoga Allah selalu memberikan kita rezeki yg halal, berkah dan banyaaak.. Amin..

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *