Dokter Ini Sukses Bisnis Klinik Hewan Modern, Seperti Apa Rahasianya?

post-190416155232DOKTERUNGGAS.COM – Kesibukan Kota Batam, Kepulauan Riau, sudah tak jauh berbeda dengan Negara Singapura, tetangganya. Kebetulan Batam dan Singapura jaraknya tidak begitu  jauh. Kesibukan masyarakat Kota Batam itu tampak dari masyarakatnya yang pergi kerja pagi hari dan pulang malam hari.

Bagi para pemilik hewan seperti anjing dan kucing, kesibukan ini jelas berpengaruh pada cara mereka merawat hewan kesayangannya. “Di Batam waktu itu sangat penting. Makanya, kita sediakan layanan antar jemput hewan kesayangan,” kata dokter hewan Fery Firdaus, pemilik De’Chruse Pet Centre, yang beralamat di Ruko Pulo Loka Sei Panas, Batam ini

Dibantu tujuh karyawannya, dokter Fery menyediakan waktu jemputan pukul 7.00 pagi dan dipulangkan pada sore atau seusai pemilik pulang kerja. Sekali antar tarifnya Rp 60 ribu, namum bila antar dan jemput dikenakan Rp100 ribu.

Selama berada di Pet Centre, anjing kesayangan akan dirawat seperti di-grooming, bisa juga diperiksa kesehatannya. ”Intinya kami memudahkan costumer. Karena banyak pemilik yang tidak sempat membawa ke salon atau klinik,” tambah dokter hewan lulusan Institut Pertanan Bogor (IPB) ini. Sementara bagi dokter Fery, setiap pagi dia menyediakan waktu untuk kunjungan ke pasien alias bisa ditelepon.

Layanan antar jemput hanyalah satu dari lima layanan yang ditawarkan oleh De’Chruse. Empat layanan lagi adalah kesehatan hewan (healthcare), grooming, petshop, dan pet shipping. Untuk kesehatan hewan, dokter Fery siap melayani keluhan dari hewan kesayangan. Kebanyakan anjing dan kucing. “Tapi belum lama ada juga yang bawa musang,” katanya.

Penyakit yang biasa dikeluhkan antara lain adalah infeksi, virus, penyakit pada kulit hingga gigi dan  gusi. Sebab, kadang anjing dan kucing pun kena sakit gigi. Karena itu, ada layanan scaling alias membersihkan karang gigi anjing dan kucing.

“Saya juga pernah menangani anjing dan kucing yang kakinya terlindas mobil. Mau tidak mau harus dioperasi” katanya, Bila terlindas, maka sudah jelas ada tulang yang patah.

Layanan yang tak kalah menarik adalah pet shipping alias mengirimkan hewan ke luar Kota Batam. Kebetulan Batam sudah bebas rabies, jadi tidak bisa memasukkan hewan ke dalam Kota Batam. Layanan pet shipping ini mulai dari mengurus surat-surat dari dinas kesehatan hewan Kota Batam hingga mengangkutnya sampai ke tujuan. “Kita sudah kirim ke beberapa kota seperti Medan dan Jakarta,” ujarnya.

Karena kelengkapan layanan dalam satu lokasi, dokter Fery pun menyebutnya satu lokasi lima layanan. Ya, mirip dengan mal. Sehingga orang yang datang cukup sekali dan sudah mendapatkan banyak layanan. Jadi, ketika orang ke klinik dan penitipan, misalnya, bisa langsung juga sekalian salon untuk mempercantik hewan kesayangannya. “Tidak usah pergi ke tempat lain lagi,” ujarnya.

Sumber : Vetnews

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *