Wanita Ini Sukses Bisnis Ayam Petelur Omset 4,3 Milyar

sukses bisnis peternakan ayam petelurDOKTERUNGGAS.COM – Melati Fajarwati, warga Pontianak, sukses menjadi jutawan dengan berjualan telur. Omzetnya per tahun mencapai Rp 4,3 miliar dan dipasarkan hingga ke Pulau Jawa.

Bisnis peternakan biasanya jarang bersentuhan dengan wanita. Pasalnya, wanita kerap menjalankan usaha yang menyentuh sisi feminitas. Berbeda dengan Mela, melihat peluang pasar telur ayam organik, dari jenis ayam Arab atau ayam Balqis, dia pun mencoba peluang bisnis tersebut.

“Kalbar masih mempunyai lahan yang mumpuni untuk membangun usaha peternakan. Lagi pula tidak terlalu sulit pengembangannya,” kata Melati, dalam seminar “Wanita Wirausaha Mandiri-Femina” dengan tema Inovasi Tanpa Batas, Sabtu, 23 Maret 2013, di Pontianak.

Mela, panggilan akrab perempuan pertengahan 20 tahun ini, mengawali bisnisnya dengan mengikuti lomba kewirausahaan yang diadakan oleh Direktorat Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan. Dia terinspirasi dari peternakan ayam Balqis milik tetangganya. “Saya melihat peluangnya cukup bagus, tetapi belum terkelola dengan baik,” katanya.

Mela lantas membuat bisnis plan dan memproyeksikan peluang usaha ayam Balqis tersebut. Tak disangka, proposal bisnis yang diajukannya kemudian disetujui dan dibantu dalam mewujudkannya. Beranjak dari usahanya tersebut, Mela kemudian mengikuti lomba kewirausahaan yang diadakan Bank Mandiri, dan keluar sebagai pemenangnya. Uang hadiah pun kembali dijadikan penguatan untuk modal usahanya.

“Kini saya bisa menghasilkan lebih dari 4.000 butir telur per hari dengan harga @ Rp 2.500 per butirnya,” kata Mela. Seharinya tak kurang dari Rp 10 juta keuntungan bersih diraihnya. Setahun, omzet Mela bisa mencapai Rp 4,3 miliar. Peternakan Mela, di kawasan Parit Wak Liji, Kabupaten Kubu Raya, telah membawanya menjadi jutawan dalam usia muda.

Kuncinya Jangan takut rugi dan harus fokus,” ujarnya.

 

Salam Sukses !

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *