Hati Memar Pada Ayam, Apa Itu Karena Malaria?

  • Setelah ayam berumur 15 hari, sering ditemukan hati memar-memar dan rapuh. Apa nama penyakit tersebut dan penyebabnya serta bagaimana cara penanggulangannya?

  • Setelah berumur 20 hari atau lebih, ayam yang saya pelihara menunjukkan gejala klinis hati berwarna kehitam-hitaman dan ada gumpalan darah di bagian tulang punggung. Yang ingin saya tanyakan ialah :

  1. Apakah betul itu ciri-ciri penyakit malaria?

  2. Bagaimana cara penanggulangannya?

Jawab :

DOKTERUNGGAS.COM – Kami kesulitan dalam mendiagnosa penyakit yang menyerang tersebut, karena kurangnya data gejala klinis dan perubahan patologi anatomi. Namun kami dapat menyampaikan beberapa penyakit yang dapat menimbulkan gejala tersebut, yaitu :

  • Kolera

Penyebab : Pasteurella multocida

Gejala pada hati : hati membengkak, berwarna belang merah dan coklat muda, ada daerah necrosa. Gejala lain yang membantu diagnosa : kematian tinggi, perdarahan umum disertai diare kehijauan, pial membengkak berisi cairan oedema sampai massa seperti keju, persendian radang dan bengkak berisi eksudat jernih sampai bernanah, perdarahan berupa titik pada lemak jantung dan enteritis.

  • Fatty liver syndrome

Penyebabnya : asupan nutrisi kurang atau jumlah ransum yang diberikan kurang sehingga cadangan makanan di hati digunakan untuk memenuhi asupan nutrisi ayam, hal ini menyebabkan hati menjadi rapuh. Gejala yang nampak pada hati : hati membesar dan rapuh. Gejala lain yang membantu diagnosa : ada gumpalan darah di perut dan perdarahan di hati.

  • Avian influenza

Penyebab : virus influenza tipe A.

Gejala pada hati : membengkak dan rapuh. Gejala lain yang membantu diagnosa : terdapat bintik-bintik pendarahan pada lemak jantung dan lemak perut, perdarahan pada mukosa proventrikulus dan ovarium dan kaki nampak merah kebiruan.

Cara penanggulangannya disesuaikan dengan penyebabnya. Tindakan pencegahan :

    • Melakukan sanitasi kandang dan peralatan peternakan (kandang dibersihkan, dicuci dan disemprot dengan  Gavprotec , mencegah tamu, hewan liar dan hewan peliharaan lain masuk ke lingkungan kandang

    • Tata laksana pemeliharaan dilakukan dengan baik sehingga tercipta suasana nyaman bagi ayam, antara lain kepadatan kandang, ventilasi kandang, dll.


Jika penyakit yang menyerang ialah kolera, maka penanggulangannya ialah :

  1. Lakukan pemisahan ayam yang sakit dengan ayam yang sehat, karena kolera dapat ditularkan dari ayam sakit ke ayam yang sehat melalui alat dan bahan peternakan yang tercemar oleh feses dan ekskresi hidung ayam sakit

  2. Segera lakukan pengobatan dengan antibiotik. Setelah pengobatan berikan vitamin GAVIN E selama 4-5 hari untuk mempercepat proses ke-sembuhan

  3. Lakukan vaksinasi AI pada periode pemeliharaan berikutnya, jika penyebab penyakit tersebut karena infeksi virus AI. Program vaksinasi AI yang dapat dilakukan :
  • Jika penyebab penyakit tersebut fatty liver syndrom (FLS) maka penanganan yang bisa dilakukan ialah : ayam yang menunjukkan gejala klinis sakit diafkir. Sedangkan tindakan pencegahan yang bisa dilakukan ialah mengurangi faktor predisposisi FLS :

  1. Stres akibat tata laksana yang kurang baik atau serangan penyakit tertentu

  2. Pengurangan pemberian ransum secara mendadak pada cuaca panas

  3. Perubahan tatalaksana pemeliharaan secara mendadak, misalnya pengurangan penerangan, pengurangan pemberian air minum, dll

–  Berdasarkan keterangan yang disampaikan, penyakit yang kemungkinan menyerang ayam tersebut adalah leucoccytozoonosis (malaria like).

Cara pencegahannya ialah dengan mengurangi atau menghindari kontak langsung antara ayam sakit dengan nyamuk culicoides dan simulium, karena penyakit ini dapat ditularkan oleh kedua serangga tersebut. Untuk pengobatan dapat menggunakan obat yang mengandung sulfa maupun pyrimetamin.

Salam dari Kami,

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *