Tipe Peternak Ayam Broiler

DOKTERUNGGAS.COM
Ada beberapa tipe Peternak ayam broiler, yaitu :
1 Berdasarkan Populasi ayam yang dipelihara :
a. Peternak Kecil populasi yang dipelihara sampai 15.000 ekor per cyclus.
b. Peternak sedang populasi yang dipelihara 15.000 sampai 200.000 ekor per cyclus
c. Peternak Besar populasi yang dipelihara lebih dari 200.000 ekor per cyclus.


2. Berdasarkan system kerja :
a. Peternak Mandiri yaitu peternak yang menyiapkan sarana produksi ternak (sapronak) berupa DOC (anak ayam), pakan dan obat obatan sendiri dan menjual sendiri hasil panennya.
b. Peternak Mitra yaitu peternak yang bekerja sama dengan perusahaan atau perorangan dalam menjalankan usahanya dengan pola Plasma Inti. Peternak sebagai plasma menyediakan kandang, peralatan dan tenaga kerja dan perusahaan inti menyediakan sapronak DOC, pakan dan Obat obatan.


Peternak Mitra dibagi 2 kelompok yaitu :
1. Peternak Maklun yaitu peternak yang memelihara ayam perusahaan ini dan menerima upah pembayaran berdasarkan prestasi yang disepakati, biasanya berdasarkan Indeks Performance kerja, bayaran yang diterima biasanya per ekor ayam sekian rupiah. Peternak maklun tidak mengalami untung rugi dia hanya menerima upah kerja selama periode pemeliharaan.


2. Peternak Mitra yang sesungguhnya yaitu peternak yang bekerja pada perusahaan inti. Dengan cara kontrak harga sapronak dan hasil panen sebelum mulai kerja. Harga sapronak ditentukan oleh perusahaan inti dan harga panen telah ditentukan juga. Berapapun harga pasar (real Price) pada saat panen tidak mempengaruhi harga kontrak.

Pada saat harga pasar dibawah harga kontrak peternak akan dibayar sesuai harga kontrak, namun apabila harga pasar lebih tinggi dari harga kontrak maka peternak yang nilai kerja atau indeks performance nya masuk standard akan mendapat 15 sampai 30 persen dari selisih harga kontrak dan harga pasar.


Selain dari beberapa tipe di atas ada beberapa tipe campuran dari tipe tipe yang ada, kalau ada waktu akan saya upload berikutnya. Semoga bermanfaat bagi insan insan di luar dunia peternakan ayam broiler.

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *