Penggunaan Kipas Blower Di Dalam Kandang, Apa Perlu ?

DOKTERUNGGAS.COMDokter, Cuaca di farm kami sedang panas sehingga menyebabkan ayam membuka mulutnya terus-menurus, apakah perlu menggunakan kipas angin (blower) tambahan di dalam kandang untuk mengatasi hal tersebut?

Jawab :

blower kipas

Kipas Blower

Lingkungan kandang yang panas tanpa didukung dengan manajemen ventilasi yang bagus dapat berakibat ayam mudah mengalami panting (bernapas terengah-engah).

Penanganan kasus tersebut salah satunya dapat dengan menambahkan blower yaitu untuk mempercepat aliran udara di dalam kandang.

Konsep ini telah banyak dilakukan oleh peternakan yang berlokasi di daerah panas. Adanya blower tersebut akan mengalirkan udara panas yang berada dalam kandang keluar, sehingga suhu dalam kandang turun.

Blower biasanya dipasang di sisi kandang dengan arah aliran udara sama (satu arah). Jangan menggunakan blower dengan arah yang tidak menentu karena dapat menyebabkan ayam stres.

Ketinggian blower di dalam kandang ± 50-100 cm diukur dari tinggi kepala ayam atau lantai kandang. Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan blower yaitu kecepatan udara harus diatur sekitar 2,5 m/s dan jangan mengenai tubuh ayam secara langsung.

DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *