Apa Boleh Vaksin Suntik di Berikan Melalui Air Minum ?

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Apakah diperbolehkan menggunakan produk vaksin yang seharusnya diaplikasikan melalui suntikan, tetapi di lapangan diaplikasikan melalui oral/air minum?
Jawab:
Tidak boleh. Vaksin inaktif dan jenis vaksin inaktif lainnya hanya dapat diaplikasikan melalui injeksi atau suntikan. Hal ini dikarenakan vaksin inaktif diformulasikan sedemikian rupa untuk menggertak kekebalan humoral yang beredar di dalam darah dengan penyerapan yang lambat. Vaksin harus disuntikan dibawah kulit atau pada otot paha maupun dada untuk dideposit (disimpan sementara), kemudian dilepas sedikit demi sedikit dengan adanya bantuan zat pembawa (adjuvant) untuk selanjutnya diserap oleh tubuh secara lambat.
Berdasarkan mekanisme pelepasan vaksin dan penyerapannya oleh tubuh, tentu saja aplikasi melaui tetes mulut tidak efektif. Vaksin yang dapat diaplikasikan lewat tetes mulut adalah jenis vaksin aktif yang berfungsi untuk menggertak pembentukan kekebalan yang bersifat lokal dengan penyerapan yang lebih cepat. Vaksin aktif Gumboro seperti Medivac Gumboro A dan Medivac Gumboro B merupakan contoh vaksin aktif yang diaplikasikan melalui tetes mulut.

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *