Program Pencahayaan Pada Pullet Ayam Petelur

DOKTERUNGGAS.COM – Dokter, Pada umur berapakah pencahayaan untuk ayam pullet dimatikan secara total dan adakah efek positif untuk ayam dalam jangka panjang?

Jawab:

Pencahayaan untuk pullet dimatikan secara total pada umur 10-16 minggu. Yang dimaksud dengan pencahayaan dimatikan secara total ialah pencahayaan hanya dilakukan pada siang hari dengan sumber cahaya matahari dan tidak menggunakan cahaya lampu tambahan sama sekali pada malam hari. Atau dengan kata lain kandang dibiarkan gelap. Tujuannya untuk mencegah terjadinya dewasa kelamin dini pada pullet. Selain itu, pullet tidak diberi kesempatan untuk makan di malam hari sehingga pertumbuhan berat badan dan produksi telurnya dapat dikontrol.

Mengenai efek positif program tersebut, sesuai dengan fungsinya yaitu untuk merangsang nafsu makan, pertumbuhan, memperlambat dewasa kelamin dan merangsang sekresi hormon FSH (Folicle Stimulating Hormone) dan LH (Luteinizing Hormone) yang berperan dalam pembentukan bakal kuning telur dan ovulasi (pelepasan kuning telur).

Dari beberapa hasil penelitian diketahui bahwa ayam pullet yang mendapatkan full lighting atau tambahan pencahayaan sebelum waktunya bertelur berakibat pada:

  1. dewasa kelamin menjadi lebih cepat

  2. telur yang dihasilkan kecil-kecil, dan

  3. persistensi produksi telur rendah (ayam tidak bertelur secara kontinyu setiap hari)

 

Oleh karena itu, pemberian cahaya tambahan di malam hari sebaiknya Bapak lakukan ketika ayam pullet mulai bertelur pertama kali (waktu pertama kali bertelur harus disesuaikan dengan standar performa layer dari breeder, biasanya pada umur 18 minggu dengan standar produksi telur 2%). Adapun ketentuan terkait penambahan cahaya ini, antara lain:

  • Penambahan lama pencahayaan segera dilakukan saat ayam pertama kali bertelur

  • Jangan mengurangi lama pencahayaan saat ayam berproduksi telur, terlebih lagi saat masa kritis (masa awal produksi sampai produksi puncak), yaitu di umur 18-28 minggu

  • Penambahan lama pencahayaan dilakukan secara bertahap, terhitung saat ayam pertama kali bertelur

  • Lama pencahayaan maksimal untuk ayam yang telah memasuki masa produksi yaitu 16 jam (12 jam sinar matahari + 4 jam sinar lampu dimalam hari) atau penambahan cahaya lampu maksimal 4 jam/hari

Sebagai panduan bagi Bapak, berikut kami lampirkan program pencahayaan yang bisa Bapak gunakan.

Program pencahayaan pada ayam petelur fase starter (terutama pada minggu pertama) diberikan pencahayaan dengan intensitas dan waktu paling lama (22-24 jam). Tujuannya ialah untuk mempermudah ayam mengenali tempat ransum dan air minum serta untuk memacu pertumbuhan. Saat fase grower program pencahayaan diberikan cahaya dalam waktu paling singkat (12 jam atau hanya dari cahaya matahari) dengan intensitas terendah. Hal ini dimaksudkan untuk mengontrol perkembangan saluran reproduksi dan pencapaian berat badan yang optimal saat mulai berproduksi.

Lain halnya saat fase layer, lama pencahayaan maksimal 16 jam dengan intensitas cahaya diantara fase starter dan grower. Pada fase layer, adanya pencahayaan akan membantu proses pembentukan telur, pertambahan berat badan dan membantu metabolisme Ca (kalsium) dan P (fosfor) yang sangat diperlukan untuk pembentukan kerabang telur dan tulang.

Dari seluruh penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kondisi gelap atau dimatikan total di malam hari diperlukan untuk memperlambat dewasa kelamin ayam pullet. Artinya, kondisi gelap tersebut memberikan nilai positif jangka panjang bagi peternak yaitu memastikan pullet berkualitas baik sehingga masa produksi telur juga terjamin.

( Baca Juga : Pullet Berkualitas Baik hanya ada Di Sini , KLIK DISINI)

Salam Sukses !

www.DOKTERUNGGAS.COM

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *