ANTIBIOTIK APA YANG COCOK UNTUK PENYAKIT PERNAFASAN PADA AYAM ?

Dokter, Apa jenis antibiotik penyakit pernapasan dan pencernaan yang cocok untuk anak ayam?

Jawab:

DOKTERUNGGAS.COM – Pada umumnya antibiotik yang saat ini beredar di pasaran bersifat broad spectrum (spektrum luas) dan dapat digunakan untuk mengatasi penyakit pernapasan maupun pencernaan pada anak ayam yang disebabkan oleh agen bakterial. Akan tetapi antibiotik yang memiliki spektrum spesifik terhadap penyakit tertentu akan memberikan daya kerja yang lebih optimal. Untuk mengatasi penyakit pernapasan pada anak ayam dapat digunakan produk antibiotik seperti Doxytin, Erysuprim atau Neo Meditril. Sementara untuk mengatasi penyakit pencernaan pada anak ayam dapat digunakan produk antibiotik seperti Amoxitin, Koleridin atau Coliquin.

antibiotik ayam dokter unggas

Dalam memberikan antibiotik, di samping harus memilih jenis dan aplikasi yang tepat, perlu diperhatikan juga cara pemberian dan rolling antibiotik yang benar. Pemberian antibiotik sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali sehari, yaitu pada pagi-siang hari (06.00-12.00) dan pada siang-sore hari (12.00-18.00). Tujuannya adalah untuk memaksimalkan lama kontak obat dengan bakteri sehingga hasilnya lebih efektif. Air yang digunakan untuk melarutkan antibiotik juga harus dipastikan terbebas dari cemaran maupun bahan-bahan yang dapat mengganggu stabilitas dan daya kerja obat.

Rolling antibiotik atau penggantian jenis antibiotik perlu dilakukan setelah digunakan selama 3-4 periode pengobatan untuk menghindari terjadinya resistensi bakteri tehadap salah satu jenis antibiotik. Perlu diperhatikan, bahwa penggantian antibiotik di sini adalah mengganti jenis zat aktif yang satu dengan yang zat aktif lainnya dari golongan antibiotik yang berbeda.

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *