Ayam Tidak Sembuh Dari Kolera, Mengapa?

Bakteri P. multocida ditanam pada plat agar darah (mampu menghemolisa sel darah merah)

Bakteri P. multocida ditanam pada plat agar darah (mampu menghemolisa sel darah merah)

Dokter, Kenapa ayam sering terserang kolera, padahal ayam yang parah sudah diberi obat sesuai aturan, sedangkan yang lainnya masih saya beri Obat Serbuk larut air selama 3-5 hari. Ada informasi dari rekan peternak kemungkinan ransum yang diberikan kurang kering, namun ransum yang saya berikan ke ayam sudah kering dan sirkulasi udara cukup bagus ?

Jawab :

DOKTERUNGGAS.COM – Penyakit kolera disebabkan oleh P. multocida yang merupakan bakteri Gram (-) dan ada 16 serotipe, namun serotipe yang sering menyerang unggas hanya serotipe 1, 3 dan 4. P. multocida bisa bertahan hidup di dalam tanah, litter atau bahan-bahan yang membusuk sampai beberapa bulan.

Kolera yang masih menyerang meskipun telah diberi obat bisa dikarekan masih adanya leleran hidung, mulut dan feses dari ayam yang terinfeksi sehingga mencemari tempat ransum dan minum. Akibatnya P. multocida tetap ada di dalam kandang. Oleh karena itu, beberapa hal yang perlu ditinjau lagi ialah :

  • Lakukan isolasi (pemisahan) ayam yang sakit, terutama yang sakit parah. Jika perlu dapat dilakukan pengafkiran

  • Lakukan sanitasi dan desinfeksi kandang dan peralatan kandang dengan menggunakan Gavprotec

  • Lakukan pengobatan dengan tepat. Perhatikan dosis obat, cara dan lama pemberian, kualitas air minum untuk melarutkan obat dan tingkat keparahan penyakit.

  • Terapkan tata laksana pemeliharaan yang baik, yaitu perhatikan sistem ventilasi udara, kepadatan kandang, distribusi tempat ransum dan minum dan ransum yang berkualitas.

Salam Sukses !

www.DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *