Penyakit Gumboro pada Ayam broiler

Dokter, Ayam broiler saya divaksin Gumboro pada umur 14 hari namun terjadi outbreak pada umur 17 hari. Mengapa bisa demikian? Bagaimana cara mengantisipasi untuk pemeliharaan berikutnya?

Jawab :

DOKTERUNGGAS.COM – Jika dilihat dari kasus tersebut, kejadian oubreak Gumboro terjadi pada 3 hari post vaksinasi. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada saat vaksinasi, ayam sedang dalam masa inkubasi penyakit (bibit penyakit sudah menginfeksi tubuh ayam namun belum menunjukkan gejala klinis). Masa inkubasi Gumboro berkisar 2-3 hari.

Selain itu vaksin yang diberikan belum membentuk titer antibodi yang protektif namun virus lapangan cukup tinggi sehingga antibodi yang dihasilkan oleh vaksin belum mampu menetralisir virus lapangan. Pembentukan titer protektif pada vaksin aktif berkisar pada 2-3 minggu post vaksinasi.

Langkah untuk mengantisipasi terjadinya outbreak Gumboro pada pemeliharaan berikutnya antara lain:

  1. Lakukan desinfeksi kandang dengan menggunakan desinfektan seperti GAVPROTEC secara rutin satu kali seminggu. Jika terjadi kasus Gumboro, desinfeksi bisa dilakukan tiap hari.

  2. Istirahat kandang minimal 2 minggu dihitung setelah kandang dalam keadaan bersih dan sudah didesinfeksi. Pastikan juga tidak ada feses tertinggal di kandang terutama di sela-sela lantai dan dinding

  3. Minimalkan hewan liar di lingkungan peternakan Anda seperti unggas air, tikus ataupun hewan peliharaan. Lakukan juga penyemprotan lantai dengan insektisida untuk membunuh kumbang Alphitobius diaperinus yang berperan sebagai vektor penularan Gumboro.

  4. Berikan Suplemen Gavin E untuk meningkatkan antibodi ayam

Apabila pada beberapa periode sebelumnya sering terjadi outbreak Gumboro, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap program vaksinasi Gumboro. Pada kasus di peternakan Bapak Sandy, outbreak Gumboro terjadi pada umur 17 hari, artinya program vaksinasi pada umur 14 hari terlambat. Dengan demikian, vaksinasi Gumboro hendaknya dilakukan pada umur 7 hari dengan aplikasi cekok/ tetes mulut. Apabila tantangan virus Gumboro di peternakan tersebut tinggi serta diharapkan perlindungan terhadap Gumboro sampai umur panen, maka alternatif program vaksinasi Gumboro dilakukan dua kali yaitu pada umur 7 dan 14 hari .

Jika memungkinkan lakukan pemeriksaan antibodi maternal Gumboro dengan uji serologis pada ayam umur 1-4 hari untuk mengetahui gambaran antibodi maternalnya sehingga dapat ditentukan kapan perkiraan umur vaksinasi Gumboro pertama.

Pada saat vaksinasi perhatikan :

  1. Aplikasi vaksin yang tepat

    Aplikasi vaksin juga memegang peranan penting dalam menentukan keberhasilan vaksinasi. Yang perlu diperhatikan adalah pemberian vaksin aktif Gumboro pada umur kurang dari 10 hari sebaiknya dilakukan secara tetes mulut serta pastikan vaksin benar-benar masuk agar ayam mendapatkan dosis vaksin yang seragam.

  2. Kondisi ayam harus sehat

    Pastikan ayam dalam kondisi sehat saat divaksin Gumboro sehingga antibodi yang dihasilkan optimal.

Salam Sukses !

www.DokterUnggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *