Bisakah Karyawan Menjadi Kaya ?

imagesAkhir2 ini virus pengusaha atau Entrepreneur sudah mulai merasuki Anak muda Indonesia. Banyak yang  ingin menjadi pengusaha. Alasannya sederhana, menjadi karyawan susah kaya. Benarkah menjadi karyawan susah kaya? Jawaban saya, TIDAK. Menjadi karyawan bisa kaya dengan cara yang benar asal tahu ilmunya.

Kaya, tidaklah identik dengan tingginya penghasilan dan banyaknya perusahaan yang dimiliki. Kaya ditentukan sejauh mana Anda memiliki aset-aset produktif  yang jauh melebihi total hutang Anda. Selain itu, saat Anda memerlukan sesuatu, Anda memiliki dana yang cukup untuk memenuhinya.

Jadi, menjadi pengusaha tidak menjadi jaminan bahwa Anda bisa kaya. Karyawan pun bisa kaya dengan cara-cara yang tidak melanggar etika dan agama. Apabila Anda karyawan dan ingin kaya, bersegeralah menjadi seorang expert di pekerjaan yang Anda tekuni. Keahlian Anda diasah melebihi keahlian yang dimiliki oleh kebanyakan orang. Percayalah, menjadi expert di pekerjaan Anda, menjadikan Anda mendapat bayaran yang menggiurkan. (Misal anda ahli dalam hal peternakan, Coba asah ilmu dan kemampuan anda di bidang peternakan dan tunggulah saatnya orang memanggil anda sebagai ahli peternakan).

Jangan lupa, gaji yang Anda peroleh gunakanlah untuk membeli aset-aset produktif yang bisa menghasilkan. Sahabat saya di Bank BNI , karena rajin menyisihkan gajinya untuk membeli kos-kosan, menjelang usia pensiunnya sudah memiliki 147 pintu yang bisa dikontrakkan. Dengan rata-rata 2 juta rupiah per pintu, ia bisa menghasilkan 300 juta rupiah setiap bulan. Belum lagi harga tanah yang selalu naik setiap tahunnya.  Berlebih untuk pensiun nya…

Oleh karena itu, walaupun saya aktif di dunia entrepreneur,  namun saat ada kawan ingin segera resign dan menjadi pengusaha, saya selalu berkata, “Jangan buru-buru.” Setelah itu saya akan mengajukan beberapa pertanyaan dan “PR” untuk mereka.

Menjadi entrepreneur atau berkarir adalah pilihan. Tujuan utama adalah Akhirat.

Menjadi karyawan bisa menjadi kaya walau mungkin tidak sampai menjadi kelompok yang kaya raya. Bila passion Anda sebagai karyawan maka nikmatilah pekerjaan Anda, tanpa harus merasa iri dengan para pengusaha. Karyawan pun bisa kaya, percayalah…

Salam !

Drh.Alvin Paradiptya, M.Vet

CEO Gavin Corp

www.DokterUnggas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *