KANDANG BATRE CLOSED HOUSE MULTIGUNA TANPA SEKAM/LITTER UNTUK AYAM BROILER

DOKTERUNGGAS.COM – Dewasa ini dunia peternakan unggas semakin modern, dengan hadirnya kandang closed house berupa kandang batre yang serba guna. Berikut DokterUnggas.com akan sajikan informasi lengkapnya, karena DokterUnggas.com Adalah situs pioner peternakan unggas terbaik di Indonesia.

Tidak seperti kandang sistem tertutup pada ayam pedaging (closed house broiler) pada umumnya, kandang milik Istanto, peternak broiler di Solo Jawa Tengah ini lebih mirip kandang baterai yang digunakan untuk ayam petelur (layer). Kandang ini dibuat susun empat tingkat dengan kotak terbatas yang biasa diistilahkan dengan baterai.

Setiap baterai berukuran 70 x 120 cm ini dapat diisi sekitar 20 ekor broiler hingga bobot 1,2 kg saat panen. Kandang baterai ini dikondisikan seperti closed house yang dilengkapi exhaust fan (kipas) dan blower. ”Kandang ini sistemnya meniru seperti di luar negeri tapi masih dioperasikan secara manual,” jelas Istanto

Menariknya lagi kandang ini memiliki kepadatan yang cukup tinggi yang bisa terisi 15-18 ekor/m2. Istanto mengaku kandang multiguna miliknya yang berukuran 12 x 96 m2 dapat diisi populasi 50-60 ribu ekor dalam 4 susun/tingkat atau kepadatannya sekitar 43-52 ekor/m2.

Saat ini, Istanto memiliki populasi 200 ribu ekor untuk 4 kandang multiguna miliknya yang berlokasi di Solo. ”Dengan lahan yang cuma 1 hektar tapi populasinya bisa sampai 250 ribu ekor,” ungkapnya.

Agriunggas - Tipe Cage copy

Kandang Batre Ayam Broiler Closed House

Dari sisi efisiensi, Istanto mengaku dengan kandang baterai yang mengadopsi sistem koloni dan diikuti penggunaan tempat makan otomatis, pemberian pakan jauh lebih efisien. Ia mengumpamakan jika di kandang biasa FCR (rasio konversi pakan) mencapai 1,6, di kandang multigunanya FCR bisa 1,4 yang berarti mengefisienkan FCR hingga 0,2.

Kondisi itu berimbas pula pada HPP (harga pokok produksi) yang lebih rendah. Biaya produksi bisa dihemat hingga Rp 2.000/ekor. ”Kalau di kandang biasa, HPP sekitar Rp 15 – 16 ribu per kg maka di kandang hasil modifikasi saya hanya Rp 13 ribu per kg atau bisa hemat Rp 3 ribu per kg. Belum lagi kita tidak pakai sekam,” terang Istanto memaparkan kelebihan kandang multigunanya.

( Baca Juga : Berikut ini Peralatan Kandang Modern Closed House Yang Peternak Wajib Tahu,

KLIK DI SINI )

Dari sisi waktu panen dengan menggunakan kandang multiguna ini lebih cepat ketimbang kandang terbuka . ”Ukuran panen 2 kg bisa dicapai umur 32 hari sementara di kandang biasa membutuhkan waktu 37 hari.

Apakah anda tertarik untuk membuat kandang closed house Multi Guna Seperti milik pak istanto?

Kami Siap Bantu Anda !


Salam Sukses dari Kami !
www.DokterUnggas.com
” Portal Info Dunia Unggas Terbesar di Indonesia “

 

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

2 Comments

  1. selamat malam dok,
    saya yoshendra dari tangerang.
    seaindainya saya mau mencoba sistem ini bisa menghubungi kemana ya?
    terima kasih

  2. selamat malam dok,
    saya yoshendra dari tangerang.
    seaindainya saya mau mencoba sistem ini bisa menghubungi kemana ya?
    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *