Sedekah Gratis

sedekah
Ada yang tau ga kalo dhuha itu utang kita ke Allah? Utang 2 rokaat sehari. Yang kalo ga dibayar, maka numpuk.

Loh loh, kan sunnah?

Betul dhuha emang sunnah. Tapi sunnah muakkadah. Sunnah yang teramat penting. Yang kalo ditinggal, ya ada juga “risiko”-nya. Sunnah muakkadah kalo ditinggal dalam waktu yang lama, tidak dijalankan dalam waktu yang lama, sangat negatif ke kualitas kehidupan dan rizki.

Gini ya, kenapa saya sebut sebagai utang. Dalam 1 hari, sejak awal pagi, sampe pagi lagi, kita itu sesungguhnya kudu sedekah tanpa putus. Tiap sendi kita dituntut sedekahnya. Kudu bayar. Ya iya lah. Untuk oksigen tambahan aja, kita kudu bayar. Mahal banget. Kalo anfal. Nah, apalagi oksigen yang kita hirup, free 24 jam. Ternyata ga benar kan free itu. Kudu bayar. Dituntut sedekahnya. Belom lagi mata, dan lain-lain.

Pokoknya kudu bayar. Dan ga bakalan kebayar. Siapa juga yang mampu bayar semua rizki dan nikmat Allah? Sistem pernafasan yang komplit, sistem pencernaan, sistem penglihatan, pendengaran, dan semua tubuh kita adalah keajaiban-Nya. Ini semua Allah adakan sedekah atasnya.

Kitanya aja yang merasa free-free aja. Bebas-bebas aja. Ga ada tanggung jawab, ga ada beban, ga ada kewajiban. Padahal ga gitu. Nyatanya tidak sedikit nikmat yang Allah kurangi, bahkan Allah cabut. Sebab di antaranya kitanya ga atau kurang bersyukur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *