Cara Mengatasi Nyamuk Yang Banyak di Kandang Ayam

  • Dokter, Saya mau Tanya , Setiap kali produksi ayam pedaging mulai umur 28-32 hari kematiannya cukup tinggi, antara 1 – 5% dengan gejala yang tidak jelas. Kebanyakan yang mati ayam betina dengan gejala kaki sedikit merah bengkak, dada ada bintik-bintik merah dan kotoran warna hijau. Penyakit apa sebenarnya dan langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk mencegah keadaan tersebut?

Jawab :

– Melihat gejala klinis yang disebutkan, ayam tersebut kemungkinan terinfeksi penyakit leucocytozoonosis atau malaria like. Penyakit ini disebabkan oleh parasit darah (protozoa) seperti Leucocytozoon caulery atauLeucocytozoon sabrozesi. Biasanya parasit ini dibawa oleh lalat atau nyamuk yang banyak bersarang disemak-semak atau genangan air disekitar kandang ayam.

Cara Pencegahan :

  1. Diusahakan supaya tidak terlalu banyak lalat (culicoides) dan nyamuk (simulium), bersihkan semak belukar dan tumbuhan liar serta genangan air yang mungkin ada di lingkungan farm

  2. Jika perlu lakukan penyemprotan menggunakan insektisida saat istirahat kandang untuk membasmi nyamuk

  3. Berikan Maladex untuk mencegah penyakit malaria, diberikan dengan dosis 1 ml tiap 2 liter air minum selama 2 hari setiap minggu sampai umur 5 minggu pada ayam pedaging dan jantan atau sampai umur 30 minggu pada ayam petelur dan pembibit. Pemberian Maladex bertujuan mengurangi jumlah parasit malaria.

  4. Berikan Suplemen Gavin E untuk membentuk imunitas atau antibodi pada ayam, sehingga ayam tidak mudah kena penyakit.

Tindakan pengobatan dapat dengan memberikan :

  • Maladex

Dosis pengobatan : 1 ml tiap liter air minum, diberikan selama 2-4 hari. Pengobatan dilanjutkan dengan dosis pencegahan yaitu 1 ml per 2 liter air minum selama 2 hari tiap minggu, selama 4 minggu pada ayam pedaging dan jantan atau 29 minggu pada ayam petelur dan pembibit.

Atau bisa juga dengan mengobati Nyamuk Tanpa Bahan Kimia, Simak Selengkapnya di SINI.

 

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *