Waktu Yang Tepat Pemberian Obat Untuk Ayam

Dokter, Bagaimana juga dengan pemberian obat pada ayam yang sakit agar pengobatan dapat lebih efektif dan ayam cepat sembuh, kapan waktu yang paling tepat pada siang hari atau malam hari ?

Jawab : Agar pengobatan dapat dilakukan secara efektif dan ayam cepat sembuh maka perlu menerapkan prinsip-prinsip pengobatan diantaranya yaitu jenis obat yang dipakai sesuai dengan penyakit, obat mampu mencapai lokasi kerja atau organ sakit, obat tersedia dalam kadar yang cukup dan obat berada dalam waktu yang cukup.

Waktu pemberian obat yang tepat merupakan bagian dari prinsip pengobatan yaitu obat berada dalam waktu yang cukup. Idealnya obat berada didalam tubuh ayam selama 24 jam. Tujuannya ialah agar antibiotik senantiasa tersedia dalam tubuh ayam dan dapat membasmi bakteri dengan baik. Namun karena saat malam hari kita tidak dapat memastikan antibiotik terkonsumsi oleh ayam, maka pemberian antibiotik minimal selama 12 jam.

Secara alami kadar obat di dalam air akan berkurang dalam jangka waktu tertentu, dalam pengobatan tidak dianjurkan untuk melarutkan atau memberikan obat dalam 1 kali pemberian. Pemberian obat dapat dilakukan dengan dosis terbagi/diberikan 2 – 3 kali sehari. Pembagian dosis dapat dilakukan pagi – siang (07.00 – 13. 00) dan siang – sore (13.00 – 19.00) atau obat yang telah dilarutkan terkon-sumsi selama 4-6 jam. Pembagian dosis tersebut dengan pertimbangan pada pagi – sore konsumsi air minum ayam lebih banyak dibandingkan pada malam hari.

Salam Peternak SUkses !

www.DokterUnggas.com

“Portal Info Ternak Unggas Terbesar Di Indonesia “

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *