Wow.. Mahasiswa Universitas Padjadjaran Bandung Temukan Obat Alternatif Untuk Unggas

i-step-300x200

Prestasi itu diraih dalam kegiatan Intensive-Student Technopreneurship Program (i-STEP) 2013 di Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor.

Prestasi yang ditorehkan Febri dan Michelle tu, tidak lain berkat kemampuan mereka membuat produk berupa serbuk yang terbuat dari Spirulina untuk unggas.

“Spirulina sendiri adalah organisme nabati renik (tumbuhan air mikroalga) yang hidup pada medium air tawar maupun air laut. Spirulina dinilai memiliki banyak manfaat,” kata Febri saat ditemui di Unpad Dipatiukur, Bandung, Minggu (21/7/2013).

Adapun manfaat yang terwujud dari produk ini meliputi, kuning telur menjadi lebih merah, warna daging menjadi lebih cerah, serta ayam makannya jadi lebih sedikit tapi berat badannya tetap besar. Selain itu  dapat menjadi alternatif obat bagi ternak unggas. ( Baca Juga : Cara Meningkatkan Bobot Badan Ayam dan Menurunkan FCR )

Setelah melakukan observasi ke beberapa peternakan unggas, kata Febri, ditemukan banyak sekali obat-obatan yang digunakan untuk pertumbuhan hewan. “Hal tersebut tentunya turut memengaruhi kualitas dagingnya,” ujar mahasiswa Fakultas Peternakan ini.

Maka dari itu muncullah spirulina, yang mewakili semua obat-obatan yang digunakan untuk unggas serta mengurangi penggunaan zat-zat kimia pada unggas. Rencananya ke depan, keduanya akan terus mengembangkan serta mematenkan karyanya tersebut serta mengembangkannya agar bisa dimanfaatkan oleh para peternak unggas.

“Kita sudah mendaftarkan produk ini ke HAKI tapi masih dalam proses. Kita harapkan program kita mendapat dukungan penuh dari Unpad,” ucapnya.

Sementara itu Nabila mengatakan, ide pembuatan produk itu berawal dari ketertarikan mereka pada unggas spirulina. “Ketika itu, kami iseng memberikan spirulina pada unggas dan ternyata manfaatnya sangat banyak,” ungkap mahasiswa Fakultas MIPA Unpad ini.

Pihaknya bertekad penemuan yang didapatkan sekrang ini, akan terus dikembangkan sehingga menghasilkan manfaat bagi masyarakat. “Kami ingin, hasil studi ini dapat membuahkan manfaat bagi orang banyak. Karena jika sekadar penemuan tanpa aplikasi dirasa percuma,” jelasnya.

(Baca juga : Cara Meningkatkan Berat Telur Ayam)

Salam Sukses !

www.DokterUnggas.com

“Punya Masalah Unggas, Ingat Dokter Unggas “

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *