Penyebab Ayam Ngorok ? Apa Bisa Karena Asap?

Apakah ngorok bisa disebabkan oleh asap pembakaran jerami yang masuk ke dalam kandang?

 

Jawab:

Ya, ngorok dapat disebabkan oleh asap pembakaran jerami yang masuk ke dalam kandang, terutama jika intensitasnya sering. Secara umum ngorok pada ayam bisa disebabkan oleh 3 hal, yaitu:

a) Serangan bibit penyakit

 Beberapa penyakit pernapasan ayam yang menyebabkan ngorok diantaranya ND, AI, IB, ILT, Aspergillosis, coryza dan CRD. Ngorok akibat penyakit biasanya disertai dengan gejala klinis yang lainnya, adanya kematian serta terjadi perubahan pada organ tubuh ayam sesuai target organ masing-masing penyakit.

b) Kesalahan manajemen

Kesalahan manajemen yang bisa menyebabkan ayam ngorok lebih karena adanya penurunan kualitas dan kontaminasi udara akibat:

  • Debu, karena kondisi lingkungan kandang yang kering, litter (sekam) saat masa starter kotor

  • Amonia, karena litter basah, feses ayam menumpuk terlalu banyak atau feses ayam terlalu basah dan sirkulasi udara kurang bagus atau populasi ayam terlalu padat.

  • Asap, baik dari pemanas atau dari luar kandang. Asap dari pemanas biasanya ditemukan pada pemanas yang menggunakan bahan serbuk gergaji atau arang.

c) Kombinasi serangan bibit penyakit dan kesalahan manajemen

Terjadinya ngorok karena faktor kombinasi ini sering terjadi. Praktek manajemen yang salah mengakibatkan iritasi selaput lendir dan merusak silia dalam saluran pernapasan ayam, sehingga agen penyakit mudah masuk dan menyerang ayam.

Dari beberapa faktor di atas, dapat dievaluasi lebih dalam faktor mana yang paling berpotensi menyebabkan ngorok. Jika paparan asap pembakaran jerami hanya sekali, kemungkinan ngorok tersebut terjadi akibat faktor kesalahan manajemen yang lain atau kombinasi dengan serangan penyakit pernapasan.

www.DOKTERunggas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *