Kuis Berhadiah untuk Pengunjung DokterUnggas.com

KUIS BERHADIAH !!

Bagi siapa yang bisa menjawab pertanyaan berikut ini, kami akan memberikan hadiah berupa Formulasi Pakan untuk peternak ayam kampung, formulasi pakan ayam broiler dan formulasi pakan ayam petelur yg kami kirimkan lewat email. Tentunya formulasi pakan ini sangat berguna bagi peternak ayam, mengingat harga pakan yg semakin tinggi, dengan formulasi pakan maka akan bisa membuat pakan sendiri.

Pertanyaannya adalah : Melihat dari gejala klinis yg ada, Ayam yg ada pada gambar tersebut terkena penyakit apa? dan apa obatnya?

gejala klinis : tubuh lemah, sayap terkulai, mengantuk dan diare berwarna seperti tanah, ayam yg terinfeksi penyakit ini menyebabkan kerusakan sinus hidung (sinus infraorbitalis) yang merupakan sistem pertahanan pertama bagi masuknya bibit penyakit melalui saluran pernapasan. di sebabkan oleh kelompok bakteri Gram (-)

Pemenang ada 5 orang dan Kami akan memlilih 5 jawaban yg benar dan terbaik.

Terima kasih

artikel_im_penyakit_biangnya crd kompleks_au april 2008_html_m65261de0

Salam !
www.DOkterUnggas.com

Sumber : http://www.facebook.com/pages/Komunitas-Peternak-Ayam-Indonesia/246000122185181

3 Comments

  1. penyakitnya :CHRONIC RESPIRATORY DISEASE (CRD) Kompleks ?
    Pengobatan CRD Kompleks
    CRD kompleks termasuk dalam kelompok penyakit bakterial, sehingga penanganan saat terserang dapat dilakukan dengan pemberian antibiotik. Antibiotik yang diberikan haruslah tepat, baik tepat obatnya maupun tepat teknik pemberiannya.

    Mycoplasma tidak memiliki dinding sel, oleh karenanya jenis antibiotik yang dipilih haruslah yang mempunyai cara kerja menghancurkan inti sel, membran sel dan menghambat pembentukan senyawa penting di dalam sel, seperti asam folat dan protein. Sedangkan E. coli merupakan bakteri Gram (-) yang dapat dibasmi dengan memakai hampir semua golongan antibiotik kecuali golongan makrolida.

    Oleh karena itu, dalam membasmi komplikasi kedua penyakit tersebut, yaitu CRD dan colibacillosis diperlukan antibiotik yang efektif untuk keduanya. Selain itu, karena lokasi serangan CRD kompleks terjadi secara sistemik (seluruh tubuh) dan lokal (saluran pencernaan) maka obat yang dipilih sebaiknya yang bisa bekerja secara sistemik maupun lokal. Contoh produk yang dapat digunakan untuk membasmi CRD kompleks antara lain Doctril, Neo Meditril, Doxytin, Respiratrek, Trimezyn atau Gentamin. Pilih salah satu obat CRD kompleks tersebut dan berikan sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang tertera pada etiket atau leaflet produk. Lakukan rolling atau penggantian obat atau antibiotik yang dipilih setiap 3-4 periode pemberian untuk mencegah terjadinya resistensi obat.

  2. Benar pak, silahkan kirimkan alamat email anda. terima kasih

  3. Benar pak, silahkan kirimkan alamat email anda. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *