Penyebab CRD/Ngorok/Cekres Pada Ayam

Dokter, Penyebab Penyakit dari Ngorok/cekres/CRD itu apa ya? trims

Jawab : Faktor predisposisi (faktor pemicu munculnya penyakit,red) CRD kompleks diantaranya adalah sistem pemeliharaan dengan suhu terlalu panas atau dingin, kelembaban tinggi, kurangnya ventilasi, litter terlalu lembab, kadar amonia tinggi, kepadatan ternak terlalu tinggi dan cara pemeliharaan dengan berbagai umur dalam satu lokasi peternakan.

Faktor-faktor tersebut sebagian akan mempengaruhi kualitas udara di dalam kandang. Banyaknya partikel debu di udara akan mengganggu kerja saluran pernapasan. Ditambah dengan konsentrasi amonia yang meningkat dan akhirnya terhirup akan mengiritasi saluran pernapasan ayam dan merusak silia pada jaringan mukosa.

Sel-sel yang ada dipermukaan saluran pernapasan menjadi rusak, sehingga mekanisme awal pertahanan tubuh menjadi terganggu dan agen penyakit seperti M. gallisepticum yang terbawa udara akan mudah sekali menempel dan akhirnya menimbulkan infeksi dan kerusakan yang lebih parah. Stres juga merupakan salah satu faktor predisposisi dari CRD kompleks.

Ayam yang sebelumnya telah terserang CRD, saat daya tahan tubuhnya menurun ketika stres maka infeksi lain seperti colibacillosis akan mudah menyerang sehingga status penyakit meningkat menjadi CRD kompleks. Hal-hal yang dapat menyebabkan stres pada ayam diantaranya pelaksanaan potong paruh, vaksinasi, kedinginan, heat stress, pengangkutan dan ventilasi yang buruk.

Untuk pengobatan berikan CRD-PLUS untuk membasmi bakteri M. gallisepticum penyebab penyakit ngorok / CRD.

www.DokterUnggas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *