CRD/Ngorok pada Ayam Umur 24 Hari

Bagaimana cara mengantisipasi ayam broiler yang sering terserang CRD pada umur 24 hari?

 

Jawab :

Waktu pemberian antibiotik salah satunya berdasarkan pada kejadian kasus-kasus penyakit periode pemeliharaan sebelumnya. Apabila pada periode sebelumnya sering terserang CRD pada umur 24 hari, maka pemberian antibiotik dapat diberikan pada umur 20-24 hari. Hal ini terkait dengan masa inkubasi (masa masuknya bibit penyakit sampai munculnya gejala klinis). Bakteri Mycoplasma gallisepticum memiliki masa inkubasi sekitar 5-6 hari. Jadi tujuan pemberian obat lebih awal diharapkan bibit penyakit yang sudah masuk dibunuh/ dihambat terlebih dahulu sebelum menampakkan gejala klinis. Selain waktu pengobatan yang tepat, perlu diminimalkan pula faktor predisposisi seperti kadar amonia, ventilasi udara maupun kondisi litter. Ayam broiler pada umur 24 hari mengalami peningkatan metabolisme sehingga panas yang dikeluarkan semakin banyak. Dengan demikian, perhatikan pula kepadatan kandang. Untuk Pencegahan penyakit CRD berikan CRD-PLUS. dengan dosis 1 gr CRD-PLUS per liter air (setara 400 ppm) semprotkan ke seluruh bagian kandang. Semoga membantu.

 

 

 

Jika Anda akan mengutip artikel ini, harap mencantumkan artikel bersumber dari Dokter Unggas Online (http://dokterunggas.com).

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *