Penyakit Baru pada Ayam : Ornithobacterium rhinotracheale

HATI2 !! ANCAMAN BARU INDUSTRI PERUNGGASAN : PENYAKIT ORT PADA AYAM !

Dalam satu dekade terakhir, gangguan pernafasan yang disebabkan oleh kuman Ornithobacterium rhinotracheale (ORT) telah terbukti dapat mengakibatkan kerugian ekonomis secara signifikan bagi industri perunggasan.

Kuman ORT merupakan suatu kuman Gram negatif, non-motil, berbentuk batang, pleomorfik dan tidak membentuk spora. Secara in-vitro, kuman ini mempunyai kecepatan tumbuh yang sangat lambat dan membutuhkan suatu kondisi khusus, yaitu lingkungan dengan konsentrasi CO2 antara 5-10%.

Pada ayam, kuman ORT dapat mengakibatkan gangguan pernafasan dengan gejala klinis dan gambaran bedah bangkai yang sangat mirip dengan kasus CCRD (chronis complex respiratory disease) yaitu suatu infeksi kompleks dari kuman Mikoplasma dan beberapa mikroorganisme lainnya seperti kuman Koli yang patogen. Bedanya adalah, kasus ORT dapat terjadi secara akut yang selalu diikuti kematian tinggi dalam selang waktu tertentu.

Karena kuman ORT sangat sensitif ketika berada diluar tubuh induk semang, maka cara yang paling baik untuk mengatasi problem ORT adalah sistem “all in all out” yang diikuti dengan implementasi biosekuritas yang ketat. Pelaksanaan istirahat kandang yang cukup lama (kurang lebih 2 minggu) dan kosisten sangatlah dianjurkan dipraktekkan.

Salam !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *