Gumboro pada Ayam Petelur

Dokter, Ayam petelur yang telah sembuh dari Gumboro, apakah akan memberikan respon baik (efektif) bila divaksinasi ulang (rutin) Gumboro atau Newcastle disease (ND)?

 

Jawab :

Gumboro merupakan salah satu penyakit immunosuppressive atau penyakit yang mampu menekan atau menurunkan sistem kekebalan tubuh. Gumboro menyebabkan kerusakan bursa Fabricius, yang merupakan organ penghasil antibodi, akibatnya respon pembentukan antibodi dari vaksinasi menurun sehingga menjadi mudah terinfeksi (terserang) bibit penyakit.

Penyakit Gumboro bisa dibedakan menjadi 2 bentuk, yaitu bentuk klinik atau klasik (adanya gejala-gejala klinik) menyerang ayam umur > 2 minggu dan subklinik (tidak ada gejala klinik) menyerang ayam umur < 2 minggu. Gumboro bentuk klinik menunjukkan gejala lesu, tidak mau makan, diare encer berwarna putih, perdarahan bentuk titik pada otot dada/paha/perut. Hasil bedah bangkai menunjukkan bursa Fabricius membengkak, oedema maupun perdarahan dan sekitar 4 hari post infeksi bursa Fabricius akan mengalami atropi (mengecil). Tingkat kematian akibat serangan Gumboro klinik mencapai 20-50% kadang sampai 80-90%. Berbeda halnya dengan Gumboro bentuk subklinik, dimana tidak ditemukan gejala klinik namun terjadi kerusakan permanen pada organ pertahanan tubuh. Bursa Fabricius tidak berkembang, keriput, kecil dan keras sehingga tidak berfungsi.

Ayam petelur dengan masa pemeliharaan yang lama jika terserang Gumboro klinik dan ayam berhasil sembuh maka dapat diberikan vaksinasi ulang, baik Gumboro maupun ND. Pelaksanaan vaksinasi ulang, baik ND maupun Gumboro sebaiknya dilakukan saat ayam telah benar-benar sembuh dari serangan Gumboro klinik. Ayam yang telah sembuh dari serangan Gumboro klinik ditunjukkan dari ukuran bursa Fabricius yang mengecil kembali.

Jika vaksinasi ulang ini dilakukan pada ayam yang telah sembuh dari serangan Gumboro subklinik, dimana terjadi kerusakan permanen pada bursa Fabricius maka respon pembentukan antibodi, baik ND maupun Gumboro tidak akan optimal. Namun jika vaksinasi ulang dilakukan pada ayam yang telah sembuh dari serangan Gumboro klinik maka respon pembentukan antibodi masih bisa optimal.

Guna mempercepat pemulihan kondisi tubuh ayam dan mengurangi tingkat stress pada ayam, dapat diberikan vitamin, seperti Promix 3 hari sebelum dan sesudah vaksinasi.

Jika Anda akan mengutip artikel ini, harap mencantumkan artikel bersumber dari Dokter Unggas.com

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *