Kematian Mendadak Pada Ayam, Apa Penyebabnya ?

Bagaimana cara mengatasi ayam pedaging yang tiba-tiba mati saat mendekati panen, dengan gejala klinis kaki agak kering?

 

Jawab :

Kematian mendadak pada ayam pedaging saat mendekati panen dengan gejala kaki kering kemungkinan disebabkan oleh heat stress (stres panas) yang sering terjadi saat cuaca panas. Saat cuaca panas, tubuh ayam berusaha mengeluarkan panas tubuh dengan melakukan panting atau terengah-engah. Jika tidak diimbangi dengan penyediaan air minum yang cukup ayam akan mengalami dehidrasi. Ayam yang stres karena panas akan sulit bernapas atau bernapas dengan terengah-engah dan sayapnya terbuka. Jika keadaan ini tidak segera diatasi sehingga suhu lingkungan melebihi kemampuan tubuh ayam untuk menyesuaikan diri, akibatnya ayam seolah-olah tercekik bahkan dapat mengalami kematian dengan cara menggelepar (seperti terbang) terlebih dahulu. Hal ini disebabkan proses pernapasan menjadi sangat sulit sehingga ayam kekurangan oksigen. Kasus ini sering terjadi pada ayam umur lebih dari 4 minggu dan biasanya ayam yang lebih gemuk akan mati terlebih dahulu.

 

Cara mengatasi kasus kematian mendadak akibat heat stress adalah :

  • Mengurangi kepadatan kandang

Kepadatan kandang untuk ayam pedaging yang dipelihara di daerah panas sebaiknya 6-8 ekor/m2 atau dikurangi 10% dari keadaan biasanya. Hal ini bertujuan agar kesempatan untuk mendapatkan oksigen lebih luas sehingga ayam dapat bernapas dengan baik.

  • Memperbaiki sistem sirkulasi udara

Kandang sebaiknya mempunyai sistem sirkulasi udara yang baik sehingga kualitas udara tetap baik. Selain itu, suhu kandang relatif lebih segar. Adanya celah 20-30 cm di bagian atas dinding kandang akan menjamin sirkulasi udara tetap baik. Lebar kandang sebaiknya tidak lebih dari 7 m, kalau lebih tambahkan kipas atau blower. Jarak antar kandang minimal 1 kali lebar kandang (> 7 m) dan tidak ada tanaman yang tinggi sehingga dapat menghambat aliran udara.

  • Pemberian air minum

Pada saat suhu panas ayam akan meningkatkan konsumsi air minum. Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Air minum yang diberikan sebaiknya bersih dan segar.

  • Pemberian vitamin dan elektrolit

Ayam yang mengalami stres panas dalam tubuhnya akan terjadi pelepasan hormon ACTH (adeno corti-cotropin hormon) yang berpengaruh terhadap kekebalan tubuh (immunosupresif). Pemberian vitamin C sangat dibutuhkan untuk mengatur produksi hormon krotikostresol selama ayam mengalami stres sehingga dapat menekan efek stres. Selain itu, vitamin C juga diperlukan untuk proses biosintesis hormon aldosteron dalam kelenjar adrenal yang berfungsi dalam produksi hormon adrenal yang berperan mengatur dan memelihara keseimbangan elektrolit dalam jaringan. Penambahan vitamin E juga dapat membantu ayam yang mengalami heat stress namun hindari penggunaan vitamin yang dicampur dengan asam amino.

Selain vitamin, pemberian elektrolit juga diperlukan untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh ayam. Pemberian elektrolit dan vitamin dapat dilakukan secara bersamaan. Viterpan merupakan contoh produk yang mengandung multivitamin dan elektrolit yang lengkap dan seimbang untuk mencegah dan mengatasi stres.

 

Jika Anda akan mengutip artikel ini, harap mencantumkan artikel bersumber dari Dokter Unggas Online (http://dokterunggas.com).

 

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

2 Comments

  1. salam.. ayam saya mati lebih kurang sama dengan diatas tapi ayam saya tidak mengelepar pon., ayam saya terus mati..ayam akan tercekik kemudian mati tanpa mengelepar.

  2. salam.. ayam saya mati lebih kurang sama dengan diatas tapi ayam saya tidak mengelepar pon., ayam saya terus mati..ayam akan tercekik kemudian mati tanpa mengelepar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *