Alvin Paradiptya, Dokter Hewan & Pengusaha Sukses Di Usia Muda Dengan Memanfaatkan Teknologi Digital

Drh.Alvin Paradiptya, M.Vet, Direktur Utama CV.Gavin Corporation (www.Dokterunggas.com) ini mengakui Kalau bisnis Internet kini memang semakin menggiurkan. Dia sendiri sudah merasakannya. langkah berani yang diambil Alvin bukannya tanpa dasar.

“Jika kita tidak mempromosikan bisnis kita secara online, maka kita yang akan tergeser.” Begitu ujarnya.

Awal mula bisnis beliau saat masih kuliah di UGM, Begini kronologis perjalanan kisah sukses nya dalam membangun bisnis dengan asam manis dunia bisnis sudah beliau lalui.

Pengusaha muda ini ingat betul kapan dia memulai berdagang, yaitu saat dia duduk di bangku kuliah Universitas Gadjah Mada. Awalnya dia  Bisnis Berdagang Bunga di lokasi sekitar kampus, dia menjual bunga saat ada acara wisuda. Tapi bisnis bunga yang dijalankan tidak berlangsung lama.

Kemudian dia mencoba untuk Bisnis Jus Buah menggunakan gerobak dengan Brand Alvin Juice. Karena dia melihat peluang banyak mahasiswa sepulang kuliah pasti capek dan haus. Setelah beberapa bulan berjalan, usaha yang digeluti membuahkan hasil. Dan dia mencoba untuk bisnis lain yaitu mie ayam, Dengan modal tambahan dari orang tuanya, dia menyewa stan untuk bisnis mie ayam dan juice nya di gabung menjadi satu outlet.

Tanpa di duga, bencana mendatanginya. Pada waktu itu ada angin yang besar dan hujan lebat, yang membuat gerobaknya porak poranda, gerobaknya pecah dan jatuh. Akhirnya usahanya semakin hari semakin menurun omsetnya, hal ini dikarenakan kesibukannya dengan skripsi jadi tidak fokus dengan hanya mempercayai kepada karyawan. Pada saat itu juga di tipu oleh pemilik stannya, akhirnya usaha ini tutup.

Kemudian dia mencoba untuk Bisnis Boneka namun gagal. Setelah gagal di bisnis boneka, dokter hewan ini memulai Bisnis Kuliner di kampung halamannya yaitu di kota lamongan dengan mengambil Franchise Brand kuliner terkenal dari Jawa Tengah.

Ketika saya kuliah di Jogja, kuliner ini ramai sekali dan menjadi langganan saya ketika makan bersama teman-teman kuliah. Akhirnya saya memutuskan untuk mengambil kerja sama Franchise dengan melobi pemilik kuliner ini, tidak mudah untuk mengambil franchise ini karena seleksinya sangat ketat untuk menjadi mitra nya.

“Setelah negoisasi panjang, akhirnya saya bisa ambil franchisenya dan buka di Lamongan. Sambutan Masyarakat lamongan sampai heboh kehadiran Franchise ini, sampai diliput oleh TV swasta di Lamongan.

Tapi kuliner ini hanya bertahan sampai 6 bulan saja, setelah itu saya ganti ambil Bisnis franchise kuliner lagi asal Jakarta. Franchise dari Jakarta juga gagal hanya bertahan 6 bulan,” ucap Alvin

Kegagalan demi kegagalan dia lalui.

“Jujur, saya terpuruk waktu gagal usaha itu, dengan merugi puluhan juta, sempat orang tua marah dengan saya. Tapi saya harus optimis, saya harus bangkit dari kegagalan. Karena dia mempunyai prinsip jika belum pernah gagal dan belum pernah di tipu berarti belum layak dikatakan sukses, jadi kita harus gagal dan di tipu dulu!” Ujarnya sambil tersenyum.

Dengan menyimpan rasa kecewa, Alvin berusaha bangkit. “Saya sangat suka mengikuti seminar bisnis, setelah mengikuti seminar saya langsung mempraktekan apa yang di ajarkan dalam seminar. Disamping itu saya juga suka membaca buku-buku  pengembangan diri dan bisnis. Terutama buku Ustad Yusuf Mansur Sehingga itu yang membuat saya bangkit ketika rugi berbisnis dengan mengembalikan semuanya kepada Allah Swt.,” jelas Pengusaha yang telah menempuh pendidikan di Pasca Sarjana Unair ini.

Karena dia mempunyai Basic Sarjana Kedokteran hewan, yang ingin menerapkan ilmunya. Dia mencoba untuk bisnis di bidang peternakan dan kesehatan hewan lewat media online dengan modal nol dan membuat website Dokterunggas.com dan jejaring sosial dia memasarkan produknya. “Produk saya ini untuk meningkatkan bobot badan ayam broiler, meningkatkan produksi ayam petelur, Pakan Ayam, Peralatan Kandang Open house dan Closed House dan Doc ayam maupun pullet ayam Petelur, ada juga untuk membunuh lalat dalam 3 detik dan mengurangi bau amoniak di kandang. Jadi, saya yakin sangat dibutuhkan peternak” Ujarnya.

Bahkan produk kami untuk obat lalat sudah di gunakan jaringan Hotel Aston Group Seluruh Indonesia. Dan untuk produk sapronak kebutuhan ayam sudah di liput oleh berbagai media diantaranya Majalah Poultry Indonesia, Wirausaha Muda Mandiri by Bank Mandiri, dll.

Dengan bisnis online, inilah yang menjadi titik tolak kesuksesan nya. Semakin hari omset nya naik. Ketika ditanya berapa omsetnya dia menjawab “ Kalau di tanya omset rasanya kurang etis ya, tapi dengan bisnis online ini Alhamdulillah semua tercukupi. Bagi saya orang kaya adalah orang yang bukan apa yang dia dapatkan sekarang tapi orang kaya adalah dia yang mempunyai banyak yang dia keluarkan (sedekah) “ ujar nya bijak

Saat ini Alvin sedang diversifikasi usaha dengan mengelolah bisnis peternakan ayam broiler kandang closed house dengan populasi 60 ribu ekor.

Dan ke depan rencana membangun RPA atau Rumah Potong Ayam sendiri dengan Investasi Milyaran, Semua itu di lakukan hanya untuk membantu peternak rakyat.

Ketika di tanya mengenai kiat-kiat sukses bisnis di usia muda, dia menjawab “ Sebenarnya hanya masalah mental saja, masyarakat kita itu takut untuk gagal, coba kita lihat di Singapore dan Negara maju lainnya banyak sekali yang usia 20 tahun sudah menjadi milyader, Nah mental ini yang harus di ubah.

Untuk menjadi sukses itu jangan takut gagal, jangan terlalu banyak mikir, langsung saja Action !! Lebih baik gagal, daripada gagal mencoba. “Ujar pria yang saat ini sedang menempuh Program Doktoral S3 di Unair ini.

17884098_687406771447501_4605692858201800597_n

Dokter Alvin Sering di Undang Sebagai Pembicara Bisnis di Berbagai Universitas Ternama

Ingin mengundang Dokter Alvin di Seminar? Hubungi Manager Ibu Diana : 0857 3084 4843.

Sumber : Portal Bisnis Ukm , KLIK DI SINI

 

About dokter unggas

CV.Gavin Corporation adalah perusahaan penyedia produk peternakan unggas terbesar di Indonesia. kami menyediakan berbagai macam, peralatan kandang close house dan memberikan tips cara meningkatkan bobot broiler Hubungi Hp 0856 55 28 11 14

2 Comments

  1. marsha aghinsyiani

    maas. .mauu gabung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *