rincian dana pembuatan kandang closed house

OKE (80)

 

Kandang sistem closed house adalah kandang tertutup yang menjamin keamanan secara biologi (kontak dengan organisme lain) dengan pengaturan ventilasi yang baik sehingga lebih sedikit stress yang terjadi pada ternak.

Tujuan membangun kandang closed house adalah:

  1. Untuk menyediakan udara yang sehat bagi ternak (sistem ventilasi yang baik) yaitu udara yang menghadirkan sebanyak-banyaknya oksigen, dan mengeluarkan sesegera mungkin gas-gas berbahaya seperti karbondioksida dan amonia.
  2. Menyediakan iklim yang nyaman bagi ternak. Untuk menyediakan iklim yang kondusif bagi ternak dapat dilakukan dengan cara: mengeluarkan panas dari kandang yang dihasilkan dari tubuh ayam dn lingkungan luar, menurunkan suhu udara yang masuk serta mengatur kelembaban yang sesuai. Untuk menciptakan iklim yang sejuk – nyaman maka bagi ayam harus dikondisikan chilling effect (angin berembus), alat yang digunakan seperti kipas angin (blower). Bila chilling effect tidak mampu mencapai iklim yang diiginkan terutama pada daerah yang terlampau panas maka dapat digunakan cooling system. Yaitu sistem pendingin dengan mengalirkan air pada alat-alat yang berupa cooling pad, cooling net stsu cell deck.
  3. Meminimumkan tingkat stress pada ternak. Agar tingkst stress pada ayam lebih minimun maka dapat dilakukan dengan cara mengurangi stimulasi yang dapat menyebabkan stress, dengan cara mengurangi kontak dengan manusia (misalnya dengan feeder dan drinker otomatis, vaksinasi dengan spray dll), meminimumkan cahaya dan lain-lain.

Banyak sekali peternak ayam baik layer atau broiler yang menanyakan berapa biaya pembangunan kandang closed house?yaitu sebesar 45 ribu/ekor .itu belum termasuk ayam dan biaya lahan. hanya untuk biaya pembuatan kandang.

21 Comments

  1. kok gak ada rinciannya…??

  2. loh mana rincian biayanya? nulis kok nanggung

  3. biaya nya 45 ribu per ekor pak. trims

  4. Bkn harga ayamnya pak… tp dana rincian pembuatan kandang….

  5. Untuk kandang semi close house berapa biaya yang harus di siapkan apakah sebesar kandang close house

  6. untuk biaya Rp. 45 ribu per ekor tsb, bila dikalikan dengan kapasitas per siklusnya (misalkan per siklus kapasitasnya 55.000 ekor berarti hanya Rp. 2,47 M). Sementara bila dalam 1 tahun ada 7 siklus panen maka 55.000 ekor x 7 x 45.000 = 17,32 M. Pertanyaannya yang mana merupakan biaya investasinya? (Rp. 2,47 M atau Rp. 17,32 M)..Mohon Pencerahan

  7. jadi kalau kapasitas ayam 14.000 jadi berapa biaya buat kandang close

  8. Apakah biaya 45rb/ekor sdh termasuk:
    1.Pembangunan kandang
    2. Peralatan makann dan minum
    3. Seluruh peralatan kandang (blower,chilling pad,dll)

    Thanks infonya ya..

  9. apakah ada referensi yang bisa membangun sampai siap beroperasi ??? kalo ada minta tolong pak di infokan… lokasi saya di Palu sulawesi tengah…

  10. dimana aja kandang close house yg pernah saudara bikin???

  11. pak, untuk kebutuhan listrik pakai tegangan 1 phase atau 3 phase, terima kasih mohon penjelasanya

  12. mohon referensi untuk pengembang/kontraktor kandang closed house.
    posisi kami di provinsi lampung.
    terima kasih.

  13. pak, brp modal sekarang untuk 10.000 ekor?

  14. posisi saya di tegal

  15. posisi saya di tegal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>